oleh

Banyak Parpol Tidak Taat Aturan

REL, Empat Lawang – Bawaslu Kabupaten Empat Lawang sudah melakukan tindakan tegas dengan penertiban langsung Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar. Namun ternyata masih banyak pemasangan APK yang melanggar aturan.

Seperti tertempel di mobil angkutan umum, di pohon- pohon, begitu juga tiang listrik. Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang melalui Sekretaris, Azhari mengatakan, memang perihal APK yang melanggar ini menjadi perhatian serius.

Karena menurutnya, kewajiban dari Bawaslu adalah mengawasi, memberitahu, dan menertibkan APK yang melanggar.

Dikatakannya, Bawaslu sudah setiap hari di sepanjang jalan melakukan pemantauan terhadap APK yang melanggar, namun masih saja banyak Parpol yang tidak taat aturan, “Sudah diberikan surat pemberitahuan, sudah dilakukan pemanggilan, dan sudah dilakukan sweeping, tapi keesokan harinya, ada saja lagi Caleg yang melanggar,”ungkap Ashari.

Menurutnya, Caleg baik dari kabupaten maupun luar kabupaten harus tertib aturan. “Terlebih lagi bagi para tim relawan Caleg, jangan sampai hanya ingin menunjukkan coblos nomor sekian-sekian, segala upaya dilakukan termasuk melanggar aturan, di harapkan jangan seperti itu,” ungkapnya.

Mengenai kampanye terbuka di media sosial, menurut Azhari, Bawaslu Kabupaten Empat Lawang memiliki tim-tim cyber, sehingga jika ada pelanggaran atau pun hal yang lainnya, Bawaslu bertindak paling pertama dalam pengawasan pelanggaran pemilu. “Kami ada tim cyber di Medsos, pengawasan yang di lakukan di Medsos sangat penting, mengingat Medsos juga merupakan salah satu media berkampanye yang menjadi favorit bagi calon Pilpres, partai politik, calon anggota legislatif DPRD, DPD, dan lain-lain,” imbuhnya. (mg20)

BACA JUGA