oleh

Banyak Kades Belum Bisa Susun APBDes

REL, Empat Lawang – Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Empat Lawang, diharapkan dapat lebih mengerti pentingnya menjadi desa yang mandiri dalam pengelolaan alokasi Dana Desa (DD) yang transparasi dan akuntabel.

Sehingga kedepannya, adanya DD yang disalurkan pemerintah pusat setiap tahunnya dapat lebih bermanfaat dan bertanggungjawab.

“Alhamdulillah pada 2018 lalu seluruh laporan keuangan desa di Kabupaten Empat Lawang, sudah 100 persen Siskeudes. Nah ini kedepan, Bupati Empat Lawang berharap 2019 ini mulai tahap awal APBDes semuanya Siskeudes,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki.

Dikatakakannya, banyak Kades belum bisa menyusun APBDes sendiri, diharapkan para kades di Kabupaten Empat Lawang, dapat menyusun APBDes secara mandiri, tidak lagi tergantung dengan pihak lain.

“Setidaknya mereka tahu bagaimana membuat APBDes, bagaimana peng-SPJ-annya, mekanisme pajaknya dan sebagainya yang berkaitan dengan keuangan di desanya,” terang Agus.

Lebih lanjut Agus menyebut, tidak hanya para Kades yang diberikan pencerahan berkaitan dengan Siskeudes, para operator juga akan diberikan pencerahan nantinya.

“Mudah-mudahan dengan adanya pencerahan ini mereka lebih memahami bagaimana cara membuat laporan yang berkaitan dengan Siskeudes. Kalau nanti ini sudah, mudah-mudahan secepatnya Dana Desa kita cairkan,” tukasnya. (11).

BACA JUGA