oleh

Banyak Aset Bangunan Terbengkalai

REL, Empat Lawang – Ternyata di Kecamata Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, masih banyak ditemukan bangunan fisik aset miliki kabupaten maupun provinsi yang terbengkalai atau tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Pantauan dilapangan, beberapa bangunan itu dantaranya bangunan pasar kalangan yang berada di desa Nanjungan, tepatnya di belakang gedung UPTD Puskesmas Paiker. Seyogyanya pasar yang digagas dan dibangun gubernur Sumsel Syahrial Oesman untuk menganti aktivitas masyarakat yang jualan di pinggir jalan atau di badan jalan di seputar desa Nanjungan namun sekarang kondisinya memprihatikan.

Selain bangunan itu, ada juga bangunan perumahan dari bagian dinas yang konsen dengan Irigasi yang ada di Paiker juga terbengkalai. Sementara Belum lagi bekas Puskesmas yang berada dijalan utama di Paiker dan beberapa perumahan yang seharusnya ditinggali pegawai Puskesmas.

Menurut Juli salah seorang toko pemudah mengatakan, yang lebih miris, bangunan baru yang berada di desa Keban Jati yang seharusnya untuk kantor unit dinas pertanian dan tempat para penyuluh melaksanakan tugasnya secara administrasi. Alasan belum dipakai karena belum ada jaringan listrik maupun mebelernya.
“Harapannya sama.

Jangan ada lagi aset atau bangunan pemerintah menjadi rumah tua, lebih baik dipakai sebagai tempat anak-anak muda Paiker yang kreatif untuk berkreasi memanfaatkan potensi yang ada untuk mengasah potensi dan meningkatan ekonomi rakyat,” harapnya.

Sementara Camat Paiker Noperman Subhi menyayangkan apabila aset tersebut terbengkalai.

“Seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sebagai daerah yang kaya akan obyek wisata pasti banyak orang yang ingin berkunjung tetapi disatu sisi Paiker kurang memiliki sarana seperti tempat nginap,” ujarnya.

Aset yang terbengkalai bisa di set sebagai tempat tinggalnya para tamu yang wisata ke Paiker.

Aset dibangun atau direhap sehingga dapat menjadi sebuah guest house. Tentu semua itu perlu dukungan dari semua pihak, termasuk anggota DPRD Empat Lawang asal Paiker memperjuangkan  pemanfaatan aset yang terbengkalai. (88/E51)

BACA JUGA