Connect with us

Membangun Desa

Bangun SPAL Jaga Kebersihan Lingkungan Desa

Published

on

REL, Empat Lawang – Setelah usai membangun jalan setapak kini kembali membangun Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL). Hal inilah yang dilakukan Kepala Desa Aur Gading, guna kepentingan warganya dan juga kebersihan bagi lingkungan Desa Aur Gading Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

 

Dengan dibangunnya SPAL tersebut maka segala macam limbah rumah tangga dari setiap rumah yang ada di Desa Aur Gading dapat mengalir sesuai pada tempat nya, selain itu juga kebersihan di lingkungan dapat terjaga dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh limbah rumah tangga tersebut.

 

Dari pantauan Wartawan REL dilokasi diketahui bahwa Pembangunan SPAL ini dengan Volume 807 yang dibangun mulai dari permukiman warga sampai ke aliran Sungai Musi di Kabupaten Empat Lawang ini.

 

“Banyak sekali manfaatnya SPAL ini, misalnya saat ada hajatan pasti selesai acara itu banyak limbah, nah kalo kita sudah bangun SPAL inikan limbahnya bisa mengalir ke sungai. Jadi warga gak akan sembarang untuk membuang limbah,” ujar Kepala Desa Aur Gading Iskandar, saat di bincangi wartawan REL di lokasi pembangun SPAL tersebut, Selasa (2/1)

 

Iskandar juga berujar bahwa pembangunan SPAL ini atas permintaan dari pada warganya sendiri dan pembangunan ini bersumber sari Dana Desa (DD) bagi Desa Aur Gading Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang

 

“Kita baru tiga hari ya mulai membuat SPAL ini dan sumber dananya dari Dana Desa,” Ungkapnya ketika di dampingi para pekerja pembuat SPAL

 

Dijelaskan Iskandar melalui Dana Desa yang diperuntukan untuk seluruh Desa ini sangat membantu pembangunan Desa Aur Gading, banyak bangunan-bangunan yang dapat dimanfaatkan bagi para warganya dalam kehidupan sehari-hari

 

“Sangat membantu, sebelumnya kitakan membangun jalan setapak, dan skrg ini kita bangun SPAL ini sangat bermanfaat bagi warga kita,” jelasnya

 

Iskandar juga berharap dengan dibangun nya SPAL ini, para warganya dapat menjaga nya dengan baik sehingga dapat berfungsi dengan lama dan manfaatnya dapat dirasakan bersama demi menciptakan kebersihan lingkungan desa dan juga kemajuan Desa Aur Gading

 

“Mari sama-sama menjaganya (SPAL, red), jika nantinya ada yang tersumbat kita gotong-royong membersihkan nya, itu salah satu cara menjaganya,” tukasnya (Mg14)

Empat Lawang

Kades Talang Padang Salurkan Blt Tahap Ketiga

Published

on

Caption : Kades saat memberika blt dd tahap ketiga kepada warganya

REL,Empat Lawang – Pemerintahan Desa Talang Padang (Dusun Padang) Kecamatan Talang Padang menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT DD ) Tahap ketiga.

Penyaluran dilakukan pada Kamis (9/7) kemarin yang di hadiri dan disaksikan oleh pihak kecamatan,TNI – Polri PLD,PD.

Kepala Desa Talang Padang Ali Murtopo mengatakan ada sebanyak 124 kepala keluarga (KK) yang menerima bantuan langsung tunai dana desa di desanya.

“Ya, ada sebanyak 124 KK.setiap KK menerima 600 ribu,”Ungkapnya melalui pesan singkat whatsapp.Kemarin (10/7).

Namun demikian,lanjutnya,menghimbau warganya yang menerima bantuan tersebut agar dapat mempergunakan bantuan itu dengan seperlunya.

“Pergunakanlah uang bantuan itu untuk kebutuhan sehari hari,mengingat kita belum tau kapan wabah covid-19 ini berlalu,”Imbuhnya

Sementara Pendamping Lokal Desa Kecamatan Talang Padang Johan Marmondo membenarkan bahwa pemerintahan Desa Talang Padang telah menyalurkan blt dd tahap ketiga.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kades Salurkan BLT DD Tahap III

Published

on

Caption : Tampak suasana pembagian BLT DD Desa Kembahang Baru

REL,Empat Lawang – Pemerintahan Desa Kembahang Baru Kecamatan Talang Padang salurkan bantuan langsung tunai (BLT DD) Tahap ketiga.

Pembagian yang disaksikan/awasi oleh pihak kecamatan Talang Padang,TNI – Polri,Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) berjalan dengan aman.

kepala Desa Kembahang Baru Nurhasanah mengatakan,ada sebanyak 107 kepala keluarga (KK) yang menerima BLT DD di Desanya.

“Setiap KK menerima sebesar 600 ribu,untuk tahap I,II dan III sudah kita berikan kepada penerima,”Ungkapnya.Kemarin (5/7).

Namun demikian,Lanjut Nurhasanah menghimbau bagi penerima BLT DD untuk dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan seperlunya.

“Karena bantuan ini sifatnya sementara,bagi penerima gunakanlah bantuan ini untuk keperluan sehari hari demi mencukupi kebutuhan hidup,”Imbuhnya.

Sekedar informasi pembagian/penyaluran blt dd pada hari Jum’at kemarin (3/7/20) sekitar pukul 09 : 00 Wib.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kades MLL Kaget,Dapat Juara II

Published

on

Caption : Tampak Kepala Desa Muara Lintang Lama menerima piagam dari Kapolres Empat Lawang.

REL,Empat Lawang – Bertepatan pada tanggal 1 Juli 2020 dalam rangkaian hut bhayangkara ke 74,polre Empat Lawang mengumumkan para pemenang lomba kampung tangkal covid-19.

Mendengar Desanya terpilih sebagai pemenang lomba kampung tangkal covid-19 yang di adakan oleh Mapolres Empat Lawang.

Kepala Desa Muara Lintang Lama Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang merasa kaget dan senang atas prestasi yang didapat.

“Senang sekali tak menyangka kalau Desa Muara Lintang Lama mendapatkan Juara II (Dua,Red) dalam lomba Kampung Tangkal covid-19,”Ungkap Samsul Wijaya Kepala Desa Muara Lintang Lama dengan wajah berseri seri.Kemarin (2/7).

Ini lanjutnya,Berkat kerjasama antara tim relawan covid-19 Desa Muara Lintang Lama.

“Semoga kedepannya wabah virus covid-19 ini cepat berlalu,Sehingga masyarakat terkhusus masyarakat Empat Lawang bisa beraktivitas normal seperti sediakala,”Harapnya.

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK mengatakan dengan adanya lomba kampung tangkal covid-19 ini dapat meningkatkan kedisiplinan dan kebiasan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Diharapkan dengan adanya lomba kampung tangkal ini Masyarakat bisa terbiasa dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,selalu mencuci dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak, sehingga masyarakat dapat melaksanakan New Normal sesuai dengan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending