oleh

Bakal Calon BPD Sambangi Disdukcapil

REL, Empat Lawang – Para Bakal Calon Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ikut meramaikan kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, pasalnya kehadiran mereka tersebut tidak lain untuk mengurus berkas sebagai syarat untuk mengikuti pemilihan BPD.

Kepala Disdukcapil Empat Lawang Peterson Okki Bial melalui Kabid Capil Murnianto membenarkan banyak dari kalangan masyarakat yang melegalisir akte kelahiran, Kartu keluarga maupun KTP sebagai syarat untuk mengikuti pencalonan BPD.

“Yah, banyak juga yang saya tanda tangani untuk legalisir sebagai syarat untuk Calon BPD,” ujar Murnianto, Rabu (23/10).

Memang diakui Murnianto, untuk legalisir akte, KTP dan KK itu masuk dalam persyaratan bahkan ada juga dari para masyatakat yang mengurus berkas belum memilki akte kelahiran sehingga mengurus kembali membuat akte.

“Kalau legalisir kependudukan memang wewenang Disdukcapil, tapi di kantor sebelah (Disdikbud) untuk legalisir ijazah karena ada juga setelah dari kantor kita mereka kesebelah untuk mengurus ijazah,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Murnianto, biasanya banyak dari kalangan masyarakat untuk legalisir KTP, KK dan Akte itu untuk melamar pekerjaan terutama yang baru saja lulus sekolah maupun kuliah dan hal tersebut ada bulan tertentu.

“Mungkin saja tahun ini desa-desa di Empat Lawang banyak yang sudah habis masa jabatan BPD sehingga banayk mengurus berkas,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang Agus Rachmat Basuki melalui Kabid Pemdes Agusman Mulyadi kepada membenarkan tahun ini (2019) dan tahun depan (2020) banyak BPD yang masa habis jabatan dan dilakukan pemilihan BPD.

“Rata-rata tahun ini dan tahun depan banyak masa jabatan BPD habis,” katanya.

Ia menilai wajar apabila para calon BPD ramai mendatangi Kantor Disdukcapil Empat Lawang karean hal itu termasuk dalam syarat untuk mengikuti pemilihan BPD.

“Pemilihan BPD tahun ini dan tahun depan dilakukan melalui proses pemilihan langsung dengan dipilih langsung masyarakat di desa,” jelasnya. (12).

BACA JUGA