oleh

Badan Jalan Tertimbun Tanah Longsor

REL, Empat Lawang – Hujan yang mengguyur Kabupaten Empat Lawang khususnya wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Pendopo membuat tanah longsor di Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo, tepatnya di Talang Kepiul Kecamatan Pendopo sehingga berdampak kepada pengendara yang melintasi jalan tersebut karena sebagian badan jalan tertutup oleh tanah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang M Taufik kepada wartawan membenarkan ada tanah longsor tepatnya di jalan poros Tebing Tinggi-Pendopo, tanah longsor tersebut menutupi separuh badan jalan sehingga menghambat pengguna jalan.

“Kejadian semalam sewaktu hujan lebat sekitar pukul 20.00 Wib, Senin Malam,” ujar Taufik, Rabu (23/5).

Lanjut Taufik, setelah mengetahui ada longsor tim rescue BPBD Empat Lawang datang kelokasi melakukan pembersihan tanah dengan alat seadanya seperti cangkul dan sekop supaya tanah yang longsor dari atas tersebut tidak menumpuk di badan jalan poros.

“Tim Rescue BPBD padi tadi membersihkan tanah yang menumpuk di badan jalan dengan alat seadanya yang penting tidak menganggu dan membahayakan pengguna jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Martias Doni salah satu pengendara merasa kaget saat melintasi jalan poros karena ada tumpukan tanah menutupi badan jalan. “Tadi lewat sedikit kaget kalau ada tanah yang menutupi badan jalan,” ucapnya.

Ia sendiri mengakui kondisi jalan Poros Tebing Tinggi-Pendopo ini rawan longsor bahkan beberapa titik jalan saja ada amblas dan belum dilakukan perbaikan jadi wajar saja kalau ada tanah longsor di Jalan Poros.

“Kalau longsornya diatas jalan Poros ini jarang kali terjadi namun kondisi jalan yang amblas sudah sering terjadi bahkan ada yang belum diperbaiki jalan amblas,” jelasnya. (12).

BACA JUGA