Connect with us

Empat Lawang

Bacaleg ‘Serbu’ Kantor BNN

Published

on

LAYAN : Petugas BNN Kabupaten Empat Lawang, saat melayani para Bacaleg yang memohonkan penerbitan surat keterangan bebas Narkoba, Senin (2/6/2018).

REL, Empat Lawang – Sejumlah bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ramai-ramai datangi kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang. Kedatangan Bacaleg ini, dalam rangka mengurus surat keterangan bebas Narkoba yang dikeluarkan instansi vertikal tersebut, Senin (2/7).

Pantauan dilapangan, para Bacaleg tersebut, datang ke kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, dengan cara berkelompok. Ada juga diantaranya didampingi ketua atau sekretaris partai tingkat kabupaten, ada juga yang datang secara berkelompok tanpa didampingi pengurus partai tingkat kabupaten.

Hingga jam 16.00 WIB, kondisi kantor yang dikepalai oleh AKBP H Amancik Marzuki tersebut, masih terus melayani para Bacaleg yang terus berdatangan dari pagi hingga sore hari tersebut.

Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP H Amancik Marzuki melalui salah seorang staf di Seksi Rehabilitasi BNN Kabupaten Empat Lawang, Anwar Husen mengatakan, setidaknya sudah puluhan Bacaleg yang datang ke kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, mengisi formulir permohonan penerbitan surat keterangan bebas Narkoba.

“Ada puluhan surat yang kita terbitkan hari ini. Tidak seluruhnya Bacaleg, ada juga yang kepentingannya untuk melamar pekerjaan, ada juga untuk kepentingan pra jabatan, namun dominasi hari ini adalah Bacaleg,” ujar Anwar.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan surat keterangan bebas Narkoba, tidak ada syarat yang rumit. Para pemohon hanya membawa identitas diri dan pas foto. “Beli alat tesnya di luar (apotek, red) bawa ke sini kita tes sama-sama. Proses penerbitan suratnya itu gratis,” kata dia.

Menurut dia, ramainya para pemohon penerbitan surat keterangan bebas Narkoba, cukup membuat pihaknya kerepotan, karena minimnya petugas di BNN Kabupaten Empat Lawang. “Saya sendiri harus bolak-balik mengawasi para pemohon saat pengambilan sampel urine pemohon. Namun syukurlah, tidak ada yang sampai kita tunda penerbitannya, karena proses tesnya juga tidak ribet. Asal terbukti di alat tes tidak ada Narkoba, langsung kita keluarkan suratnya,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Bulan Bintang Kabupaten Empat Lawang, Devi Suarti saat mendampingi sejumlah Bacaleg dari partainya mengatakan, Bacaleg dari partainya harus bebas Narkoba, karenanya dirinya sendiri yang ingin memastikan bahwa Bacaleg yang diusung partainya pada pemilihan legislatif (pileg) mendatang, benar-benar orang yang bersih dari Narkoba.

“Disamping itu, surat keterangan bebas Narkoba bagi para Bacaleg itu penting, karena merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Partai Nasdem Kabupaten Empat Lawang, Jalaludin. Pihaknya mengharuskan para Bacaleg dari Partai Nasdem, untuk melengkapi semua persyaratan sebagai Bacaleg, termasuk surat bebas Narkoba dari BNN.

“Alhamdulillah, seluruh Bacaleg kita sudah siap persyaratan. Tingga mengurus surat keterangan kesehatan dari rumah sakit yang ditunjuk,” tandasnya. (12)

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending