Connect with us

Empat Lawang

Bacaleg ‘Serbu’ Kantor BNN

Published

on

LAYAN : Petugas BNN Kabupaten Empat Lawang, saat melayani para Bacaleg yang memohonkan penerbitan surat keterangan bebas Narkoba, Senin (2/6/2018).

REL, Empat Lawang – Sejumlah bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ramai-ramai datangi kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang. Kedatangan Bacaleg ini, dalam rangka mengurus surat keterangan bebas Narkoba yang dikeluarkan instansi vertikal tersebut, Senin (2/7).

Pantauan dilapangan, para Bacaleg tersebut, datang ke kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, dengan cara berkelompok. Ada juga diantaranya didampingi ketua atau sekretaris partai tingkat kabupaten, ada juga yang datang secara berkelompok tanpa didampingi pengurus partai tingkat kabupaten.

Hingga jam 16.00 WIB, kondisi kantor yang dikepalai oleh AKBP H Amancik Marzuki tersebut, masih terus melayani para Bacaleg yang terus berdatangan dari pagi hingga sore hari tersebut.

Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP H Amancik Marzuki melalui salah seorang staf di Seksi Rehabilitasi BNN Kabupaten Empat Lawang, Anwar Husen mengatakan, setidaknya sudah puluhan Bacaleg yang datang ke kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, mengisi formulir permohonan penerbitan surat keterangan bebas Narkoba.

“Ada puluhan surat yang kita terbitkan hari ini. Tidak seluruhnya Bacaleg, ada juga yang kepentingannya untuk melamar pekerjaan, ada juga untuk kepentingan pra jabatan, namun dominasi hari ini adalah Bacaleg,” ujar Anwar.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan surat keterangan bebas Narkoba, tidak ada syarat yang rumit. Para pemohon hanya membawa identitas diri dan pas foto. “Beli alat tesnya di luar (apotek, red) bawa ke sini kita tes sama-sama. Proses penerbitan suratnya itu gratis,” kata dia.

Menurut dia, ramainya para pemohon penerbitan surat keterangan bebas Narkoba, cukup membuat pihaknya kerepotan, karena minimnya petugas di BNN Kabupaten Empat Lawang. “Saya sendiri harus bolak-balik mengawasi para pemohon saat pengambilan sampel urine pemohon. Namun syukurlah, tidak ada yang sampai kita tunda penerbitannya, karena proses tesnya juga tidak ribet. Asal terbukti di alat tes tidak ada Narkoba, langsung kita keluarkan suratnya,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Bulan Bintang Kabupaten Empat Lawang, Devi Suarti saat mendampingi sejumlah Bacaleg dari partainya mengatakan, Bacaleg dari partainya harus bebas Narkoba, karenanya dirinya sendiri yang ingin memastikan bahwa Bacaleg yang diusung partainya pada pemilihan legislatif (pileg) mendatang, benar-benar orang yang bersih dari Narkoba.

“Disamping itu, surat keterangan bebas Narkoba bagi para Bacaleg itu penting, karena merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Partai Nasdem Kabupaten Empat Lawang, Jalaludin. Pihaknya mengharuskan para Bacaleg dari Partai Nasdem, untuk melengkapi semua persyaratan sebagai Bacaleg, termasuk surat bebas Narkoba dari BNN.

“Alhamdulillah, seluruh Bacaleg kita sudah siap persyaratan. Tingga mengurus surat keterangan kesehatan dari rumah sakit yang ditunjuk,” tandasnya. (12)

Empat Lawang

Bupati Resmikan Posko Tangkal Covid-19

Published

on

FOTO : PADRI / REL Caption : Bupati Empat Lawang saat tiba di posko tangkal covid19 ,terlebih dahulu mencuci tangan yang telah disediakan.

 

REL,Empat Lawang – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, resmi melaunching posko Siaga Covid-19, Selasa (2/6/2020).

Posko siaga Covid-19 ini disiapkan, sebagai kampung covid di Empat Lawang, dalam rangka menuju New Normal atau kehidupan yang baru, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ini bagian dari menuju New Normal dan kebetulan Empat Lawang masuk dari 102 didaerah yang masuk New Normal, ini sungguh luar biasa,” ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, disela-sela launching posko siaga covid-19.

New Normal tersebut dijelaskan Bupati, merupakan kehidupan tatanan yang baru dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.

“Saya kaget juga setelah pemerintah pusat menetapkan New Normal, karena New Normal ini di lakukan agar Ekonomi kita tidak ambruk,” jelasnya.

Pihaknya lanjut Joncik, selaku Pemerintah harus memberikan contoh kepada masyarakat, sebab New Normal ini berbeda dengan kehidupan sebelum wabah covid.

” New Normal ini adalah tatanan kehidupan kita yang baru, dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kita harus memberikan contoh terhadap masyarakat, kalau kita minta masyarakat pakai masker kita harus pakai masker, kalau kita minta jaga jarak kita yang mulai,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Masih Mendominasi di Kecamatan Tebing Tinggi

Published

on

Caption : Jubir percepatan penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang dr.Arga Sena Setiawan

 

REL,Empat Lawang – Terhitung dari tanggal 30 Mei 2020 Data yang di dapat dari tim gugus tugas percepatan penanganan covid19 kabupaten Empat Lawang untuk OTG dan ODP maupun PDP masih mendominansi di Kecamatan Tebing Tinggi.

Adapun data untuk hari Sabtu (30/5/20) Kasus Positif ada 1 orang.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan ) 4 orang Proses pengawasan 1 orang sedangkan 3 orang lainnya sudah selesai menjalani pengawasan.

ODP (Orang Dalam Pemantauan) ada sekitar 105 orang dengan Proses Pemantauan 0 (Zero) sedangkan yang selesai Pemantauan berjumlah 105 orang

OTG (Orang Tanpa Gejala ) berjumlah 78 orang yang
di swab 36 orang sementara masih dalam proses 35 orang dan yang selesai 1 orang dinyatakan negatif.

PJ (Pelaku Perjalanan ) sebanyak 3977 orang.

“Untuk Kabupaten Empat Lawang yang mendominasi Kecamatan Tebing Tinggi,”Kata Juru bicara percepatan penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang dr.Arga Sena Setiawan.Sabtu (30/5).

Meski demikian,selaku jubir covid19 dirinya menghimbau masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah.

“Patuhilah anjuran pemerintah karena Empat Lawang belum aman,jangan sampai terlena dengan wacana new normal,tetap harus waspada,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Polres Adakan Rapat New Normal

Published

on

Caption : Tampak suasana rapat koordinasi tentang penerpan New Formal di ruang rapat Mapolres Empat Lawang.

 

REL,Empat Lawang – Mapolres Empat Lawang Vidcon bersama gubernur sumsel, kapolda dan pangdam II Sriwija.

Dalam Vidcon tersebut membahas tentang Rapat Koordinasi Forkopimda Tentang penerapan New Normal di Provinsi Sumatera Selatan,bertempat diruang rapat Mapolres Empat Lawang, Jum’at ( 29/6/ 2020).

Rapat Koordinasi tersebut juga diikuti hadiri Sekda Empat Lawang,Kapolres,Danramil, Pol-pp,Dishub,BPBD,Pariwisata,Dinkes,Dinsos,Dinasker dan Disprindag

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK dalam penyampaiannya mengatakan bahwa sumsel akan melaksanakan new normal karena Empat Lawang menjadi salah satu rule model yang menerapkan himbauan kepada masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan,

“Dalam rangka menerapi new normal agar semua masyarakat di kabupaten Empat Lawang selalu memakai masker,”Kata Kapolres Empat Lawang.

Dan polres Empat Lawang akan menyiapkan tempat cuci tangan di tempat keramaian serta akan melakukan penyemprotan Disinpektan dengan menggunakan tank semprotan gendong dengan cara door to door.

Sekretaris Daerah (Sekda ) Kabupaten Empat Lawang Edison Jaya juga menyampaikan bahwa Empat Lawang siap mendukung program new normal life dari pemerintah dan memerintahkan satgas untuk secepatnya membuat surat edaran himbauan bupati,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending