Connect with us

Empat Lawang

Ayah Bejat Perkosa Anak Tiri

Published

on

REL, Empat Lawang – Polres Empat Lawang, mengamankam seorang warga Desa Nibung Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Selasa (26/2/2019) sekitar jam 3.00 WIB.

Warga tersebut diketahui bernama Jhon Heri (42), dia diduga telah tega memperkosa anak tirinya sendiri, sebut saja Mekar (nama samaran) yang masih berumur 11 tahun.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian pemerkosaan anak dibawah umur tersebut terjadi pada 6 Februari 2019 lalu di Desa Jarakan Kecamatan Pendopo.

Saat itu korban hendak mengganti pakaian selepas mandi, tiba-tiba ayah tiri korban mendekap dan menutup mulut korban lalu melepaskan handuk yang dipakai korban, hingga selanjutnya terjadi pemerkosaan yang dialami korban tersebut. Setelah melampiaskan napsu iblisnya, terduga menyuruh korban untuk tidak berbicara atas kejadian tersebut kepada orang lain.

Korban yang tentu saja mengalami trauma, hinga akhirnya memberitahukan kejadian yang dialaminya itu kepada nenek korban.

Mendapat laporan cucunya, nenek korban akhirnya melaporkan perbuatan bejat itu kepada Polres Empat Lawang dan ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh pihak kepolisian hingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap dan dibawa ke Mapolres Empat Lawang untuk diperiksa.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto melalui Kasatreskrim, AKP Muhammad Ismail membenarkan adanya penangkapan itu. Tersangka saat ini kata Ismail, masih dalam pemeriksaan pihaknya.

“Iya benar. Tersangka berhasil kita tangkap dan masih dalam pemeriksaan,” katanya.

Dijelaskan Kasat, saat terjadi pemerkosaan yang dilakukan Jhon Heri (42), warga Desa Nibung Kecamatan Lintang Kanan, terhadap korbannya Mekar (11) yang merupakan anak tiri pelaku, saat kejadian kondisi rumah sedang sepi. Korban saat itu, hendak ganti baju setelah mandi untuk berangkat ke sekolah.

“Mulanya, korban mengganti pakaian hendak sekolah, tiba-tiba ayah tiri korban mendekap dirinya dan menutup mulut lalu melepaskan handuk yang dipakai korban,” jelas Ismail.

Kemudian lanjut Ismail, korban disetubuhi dan setelah itu korban diancam pelaku agar tidak menceritakan kejadian itu kepada siapapun. “Namanya korban, pasti mengalami trauma. Hingga akhirnya korban menceritakan kejadian yang dialaminya itu ke nenek korban,” imbuhnya.

Oleh nenek korban, kejadian yang menimpah cucunya itu dilaporkan ke SPKT Polres Empat Lawang dan setelah itu, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polres Empat Lawang, melakukan penyelidikan di lapangan.

“Setelah lokasi pelaku ini kita ketahui, lalu tim Elang bersama unit PPA, melakukan penangkapan terhadap pelaku,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, saat dilakukan penangkapan, pelaku tidak melakukan perlawanan. Pelaku akhirnya dibawa ke Mapolres Empat Lawang, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Tersangka akan kita jerat dengan Pasal 81 Undang-undang Nomor 35/2014, tentang persetubuhan anak dibawah umur. Ancamannya, maksimal 15 tahun penjara,” pungkasnya. (14).

Empat Lawang

Bung Ben Programkan 3M Untuk PWI

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption :Beni Syafrin berfose bersama ketua PWI Sumsel dan anggota.

REL,Empat Lawang – Ber-Visi misikan 3 M ,Beni Syafrin terpilih menjadi ketua definitif Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Empat Lawang.Rabu (23/9).

Beni Safrin terpilih dengan memenangi 7 suara berselisih satu suara,dengan total pemilih sebanyak 13 orang yang tergabung dari anggota PWI Kabupaten Empat Lawang

“Alhamdulilah terima kasih teman teman,kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama,”Lanjut Beni

Dengan,Mewujud Sumber Daya Manusia Yang Unggul, Profesional, Berkualitas dan Bermartabat. Mendukung Terwujudnya Empat Lawang MADANI,ia pun mempunyai program program unggulan yang di rangkum menjadi 3M

“Yang pertama, Memperkuat Sinergitas Dengan Pemerintah Empat Lawang untuk membangun Bergening Kuat Dengan Pihak Swasta,Meningkatkan Profesionalisme Seluruh Anggota PWI, Yang Berbasis Digitalisasi ,melalui Peningkatan Uji Kompetensi dan Penguatan bimtek terkait tata kerja Jurnalis, termasuk juga aturan dan perundang-undangan yang terupdate,”Sambung Bung Beni

Menciptakan perlindungan hukum bagi seluruh anggota PWI dan Peningkatan Kesejahteraan,membentuk koperasi PWI Empat Lawang,menciptakan usaha kreatif sebagai pendapatan PWI,membangun solidaritas antar seluruh anggota PWI melalui arisan keluarga , menyiapkan asuransi tenaga kerja gratis untuk seluruh anggota PWI dan PWI mempunyai kantor sendiri.

“Tentunya semua ini perlu kerjasama dan dorongan dari kita semua,mari kita bersama sama memajukan PWI Empat Lawang,”Ucap Bung Beni

Dengan harapan PWI Empat Lawang kedepannya dapat lebih konsisten dan profesional dalam bekerja untuk mewujudkan Empat Lawang MADANI.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Tampak Dandim 04-05 lahat tinjau lokasi pembukaan jalan

REL,Empat Lawang – Dandim. 04-05 Lahat melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 di tahun 2020.Selasa (22/9).

Dandim 04-05 lahat menaungi 3 wilayah yakni .kabupaten Empat Lawang,kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

Namun,pantauan dilapangan ,yang menjadi titik lokasi giat tersebut yakni di Kabupaten Empat Lawang tepatnya di Kecamatan Pendopo Desa Tanjung Raman.

Dandim 04-05 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien,SE.M.Si mengatakan ada 2 kegiatan dari TMMD yakni giat fisik dan non-fisik diantarannya pembukaan jalan kurang lebih 1,120 meter dengan lebar kurang lebih 5 meter dan gorong gorong sebanyak 10 unit.

“Sedangkan non-fisik mempunyai 8 program diantaranya,yang pertama penyuluhan kesadaran bela negara,penyuluhan tentang hukum,penyuluhan tentang bahaya narkoba,penyuluhan tentang pertanian,penyuluhan tentang wawasan kebangsaan,penyuluhan tentang kesehatan,penyuluhan tentang pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),”Lanjut Syahwab

Sasaran yang dicapai,membantu mempercepat pembangunan di daerah memperlancar perhubungan/transfortasi darat,membantu tingkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,tanamkan kesadaran bela negara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Jadi capaian yang di inginkan ada 5 point tersebut di kegiatan TMMD ke 109 ditahun 2020,”Jelasnya.

Terpisah Shanti warga Tanjung Raman merasa senang dengan adannya TMMD di Desanya,karena menurutnya dengan adanya pembukaan jalan ini bisa memperlancar aktivitas warga sehari hari.

“Senang,semoga kedepannya lebih maju lagi dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

SMK,SMA Se-Sumsel Serah Terimah Jabatan

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Penandatanganan serah terimah jabatan

REL,Empat Lawang- Setelah dilakukan pelantikan dan pengukuhan beberapa hari lalu, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA, SMK dan SLB SE Kabupaten Empat Lawang, melakukan serah terima jabatan (Sertijab), Rabu (16/9) di aula gedung SMK Negeri 1 Empat Lawang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Riza Pahlevi, melalui Kasi Kurikulum Bidang SMK, Awaludin mengatakan, mutasi jabatan merupakan dinamika yang biasa sebagai abdi negara. Selain itu, mutasi juga dilakukan dalam rangka memperkaya pengalaman bertugas serta penyegaran suasana kerja.

“Dengan potensi dan integritas yang dimiliki oleh masing-masing Kepsek, hendaknya bisa mengembangkan inovasi dan kreatifitas untuk kemajuan sekolah,” ungkap Awaludin saat membacakan sambutan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.Rabu (16/9).

Awaludin juga menambahkan, sebagai seorang Kepsek, harus mengedepankan etika moral dan kejujuran serta selalu berkoordinasi dengan pimpinan dan bawahan. “Ciptakan suasana yang kondusif di sekolah, dengan saling menjaga rasa asah, asih dan asuh,” imbuhnya.

Masih menurut Awaludin, tugas dan tanggungjawab kita saat ini semakin berat. Makanya fighting spirit harus dilakukan, dengan memberdayakan SDM staf yang ada. “Kita tidak bisa sendirian atau One Man Show dalam melaksanakan amanah ini, staf yang ada harus diberdayakan semaksimal mungkin,” ujarnya seraya berharap, seluruh Kepsek yang ada di Empat Lawang bisa membawa perubahan yang lebih baik, dalam dunia pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan.

Ditempat yang sama, Ketua MKKS SMK Kabupaten Empat Lawang, Saipul Efendi, mengajak seluruh Kepsek yang ada supaya memegang teguh amanah yang diberikan tersebut untuk membangun sekolah.

“Kita sama-sama menyadari dan yakin, amanah yang diberikan ini adalah salah satu bentuk ibadah. Untuk itu, mari kita jalankan amanah ini dengan baik,” ungkap Saipul.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending