Connect with us

Empat Lawang

April 2019 GI Ditargetkan Berfungsi

Published

on

BELUM BERFUNGSI : Tampak Gardu Induk (GI) yang berada di Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi sampai saat ini belum berfungsi dan masih terbengkalai.

REL, Empat Lawang – Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana telah bertemu dengan PLN terkait permasalah Gardu Induk (GI) di Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi yang belum berfungsi. Dikatakan Wabup, memang saat rapat dengan pihak PLN Palembang ada beberapa kendala salah satu lambatnya pembebasan lahan.

“Untuk di Empat Lawang ada lima titik tapak tower sutet yang belum dibebaskan, termasuk Musi Rawas dan Lubuklinggau juga ada belum dibebaskan, namun saat rapat sudah kita sampaikan dengan pihak PLN untuk lebih serius,” katanya, Kamis (18/10).

Masih dikatakan Wabup, pihak dari PLN sendiri mentargetkan pada April 2019 nanti bisa berfungsi GI sebab menurut Yulius, apabila GI di Talang Gunung tersebut berfungsi jelas dampaknya bukan hanya di rasakan oleh masyarakat Empat Lawang termasuk daerah lain juga ikut merasakan.

“April 2019 nanti GI bisa berfungsi itu target dari PLN, kita lihat tunggu saja nanti, kita juga telah membentuk tim dari Dinas yang membidangi untuk terus memantau dan mengecek permasalahan GI tersebut,” kata Yulius.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Empat Lawang Darno Bakar, tim sudah terbentuk dan sudah berjalan, pembahasan sedang berjalan, titik permasalahan sudah ketemu, tidak lain masalah pembebasan lahan.

“Masalah GI sedang kita bahas, sebelumnya sudah rapat bersama dengan pihak terkait termasuk dari PLN yang membidangi masalah GI,” kata Darno.

Namun lanjut Darno, meskipun sudah dilakukan pembahasan masih akan dilakukan rapat kembali bahkan pihaknya akan mengagendakan kembali rapat bersama dengan pihak PLN dari Palembang.

“Rapat pertama sudah pernah dilaksanakan nanti akan rapat kembali, dari hasil rapat ini kita cari kendala maupun solusinya,” lanjutnya.

Memang masih kata Darno, kendala-kendala dalam memfungsikan GI yang berada di Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi perlu proses bahkan dari pihak PLN sendiri siap membantu termausk Pemerintah juga terus berupaya agar GI bisa berfungsi.

“Kendala pembebasan lahan itu hal pertama, memang di wilayah Kabupaten Musi Rawas sudah selesai namun masih ada sedikit-sedikit yang belum selesai, yakin bisa kita selesaikan termasuk di wilayah Lubuklinggau,” jelasnya.

Sebelumnya, Manager PLN Rayon Tebing Tinggi Hendri mengakui pemerintah Kabupaten Empat Lawang telah berkoodinasi untuk membahas masalah gardu induk (GI) yang berada di Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi.

Menurut Hendri, permasalahan GI belum kunjung berfungsi tersebut pada dasarnya bukan Rayon Tebing Tinggi namun ada bidang lain yang mengurusnya.

“Dari Pemkab Empat Lawang wakiL Bupati yang langsung memimpinnya, kita sudah rapat bersama dengan Pemkab, namun kedepan akan diagendakan untuk rapat bersama PLN dari Palembang yang membidangi mengenai GI,” ungkapnya.

Hendri sendiri mendukung upaya Pemerintah untuk turun dan mengurus permasalahan GI, kuncinya apaila GI sudah berfungsi kondisi listrik di Tebing Tinggi bisa normal dan tidak akan sering mati lampu bahkan Tebing Tinggi menjadi penyuplai listrik.

“Jelas kita dukung ini karena kalau GI sudah berfungsi kita bisa menyumbangkan listrik ke daerah lain,” katanya.

Kemungkinan lanjut Hendiri, dalam waktu dekat ini akan ada pertemuan kembali membahas masalah GI antara Pemkab dengan pihak PLN yang membidangi masalah GI.

“Mungkin minggu depan atau dalam waktu dekat ini ada diagendakan kembali pembahasan masalah GI,”  ujarnya. (12)

Empat Lawang

Bupati Resmikan Posko Tangkal Covid-19

Published

on

FOTO : PADRI / REL Caption : Bupati Empat Lawang saat tiba di posko tangkal covid19 ,terlebih dahulu mencuci tangan yang telah disediakan.

 

REL,Empat Lawang – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, resmi melaunching posko Siaga Covid-19, Selasa (2/6/2020).

Posko siaga Covid-19 ini disiapkan, sebagai kampung covid di Empat Lawang, dalam rangka menuju New Normal atau kehidupan yang baru, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ini bagian dari menuju New Normal dan kebetulan Empat Lawang masuk dari 102 didaerah yang masuk New Normal, ini sungguh luar biasa,” ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, disela-sela launching posko siaga covid-19.

New Normal tersebut dijelaskan Bupati, merupakan kehidupan tatanan yang baru dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.

“Saya kaget juga setelah pemerintah pusat menetapkan New Normal, karena New Normal ini di lakukan agar Ekonomi kita tidak ambruk,” jelasnya.

Pihaknya lanjut Joncik, selaku Pemerintah harus memberikan contoh kepada masyarakat, sebab New Normal ini berbeda dengan kehidupan sebelum wabah covid.

” New Normal ini adalah tatanan kehidupan kita yang baru, dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kita harus memberikan contoh terhadap masyarakat, kalau kita minta masyarakat pakai masker kita harus pakai masker, kalau kita minta jaga jarak kita yang mulai,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Masih Mendominasi di Kecamatan Tebing Tinggi

Published

on

Caption : Jubir percepatan penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang dr.Arga Sena Setiawan

 

REL,Empat Lawang – Terhitung dari tanggal 30 Mei 2020 Data yang di dapat dari tim gugus tugas percepatan penanganan covid19 kabupaten Empat Lawang untuk OTG dan ODP maupun PDP masih mendominansi di Kecamatan Tebing Tinggi.

Adapun data untuk hari Sabtu (30/5/20) Kasus Positif ada 1 orang.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan ) 4 orang Proses pengawasan 1 orang sedangkan 3 orang lainnya sudah selesai menjalani pengawasan.

ODP (Orang Dalam Pemantauan) ada sekitar 105 orang dengan Proses Pemantauan 0 (Zero) sedangkan yang selesai Pemantauan berjumlah 105 orang

OTG (Orang Tanpa Gejala ) berjumlah 78 orang yang
di swab 36 orang sementara masih dalam proses 35 orang dan yang selesai 1 orang dinyatakan negatif.

PJ (Pelaku Perjalanan ) sebanyak 3977 orang.

“Untuk Kabupaten Empat Lawang yang mendominasi Kecamatan Tebing Tinggi,”Kata Juru bicara percepatan penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang dr.Arga Sena Setiawan.Sabtu (30/5).

Meski demikian,selaku jubir covid19 dirinya menghimbau masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah.

“Patuhilah anjuran pemerintah karena Empat Lawang belum aman,jangan sampai terlena dengan wacana new normal,tetap harus waspada,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Polres Adakan Rapat New Normal

Published

on

Caption : Tampak suasana rapat koordinasi tentang penerpan New Formal di ruang rapat Mapolres Empat Lawang.

 

REL,Empat Lawang – Mapolres Empat Lawang Vidcon bersama gubernur sumsel, kapolda dan pangdam II Sriwija.

Dalam Vidcon tersebut membahas tentang Rapat Koordinasi Forkopimda Tentang penerapan New Normal di Provinsi Sumatera Selatan,bertempat diruang rapat Mapolres Empat Lawang, Jum’at ( 29/6/ 2020).

Rapat Koordinasi tersebut juga diikuti hadiri Sekda Empat Lawang,Kapolres,Danramil, Pol-pp,Dishub,BPBD,Pariwisata,Dinkes,Dinsos,Dinasker dan Disprindag

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK dalam penyampaiannya mengatakan bahwa sumsel akan melaksanakan new normal karena Empat Lawang menjadi salah satu rule model yang menerapkan himbauan kepada masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan,

“Dalam rangka menerapi new normal agar semua masyarakat di kabupaten Empat Lawang selalu memakai masker,”Kata Kapolres Empat Lawang.

Dan polres Empat Lawang akan menyiapkan tempat cuci tangan di tempat keramaian serta akan melakukan penyemprotan Disinpektan dengan menggunakan tank semprotan gendong dengan cara door to door.

Sekretaris Daerah (Sekda ) Kabupaten Empat Lawang Edison Jaya juga menyampaikan bahwa Empat Lawang siap mendukung program new normal life dari pemerintah dan memerintahkan satgas untuk secepatnya membuat surat edaran himbauan bupati,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending