Connect with us

Empat Lawang

Aparat Vs Warga Nyaris Bentrok

Published

on

JAGA : Aparat gabungan TNI/Polri saat berjaga-jaga di Desa Batu Junggul Kecamatan Muara Pinang, pasca nyaris terjadinya bentrok, Rabu (5/12/2018).

REL, Empat Lawang – Nyaris saja terjadi bentrok antara aparat gabungan Polres Empat Lawang dengan warga yang diduga dari salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Muara Pinang, di Desa Batu Junggul dalam wilayah kecamatan yang sama, Rabu (5/12).

Beruntung betrokan dapat dihindari dan hingga berita ini naik cetak, kondisi sudah kembali kondusif dan kerumunan warga sudah tidak ada lagi.

Inforrmasi yang berhasil dihimpun, kejadian bermula saat aparat gabungan Polres Empat Lawang, mendatangi lokasi yang diduga ada kegiatan penanaman ganja di Talang Macang Manis Desa Batu Junggul, Kecamatan Muara Pinang.

Saat aparat tiba di lokasi yang diduga kebun ganja tersebut, aparat berhasil mengamankan sekitar 11 batang pohon ganja di salah satu lahan perkebunan milik warga dan berhasil menangkap salah seorang warga yang berasal dari salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Muara Pinang, yang diduga pemilik batang ganja tersebut.

Kabar penangkapan tersebut didengar oleh warga sekitar termasuk warga asal desa terduga yang berhasil diamankan tersebut. Alhasil, ratusan warga langsung melakukan penghadangan terhadap aparat yang hendak membawa terduga pemilik pohon ganja berikut barang bukti tersebut, karena terprovokasi oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Aparat gabungan yang tidak ingin mengambil risiko bentrokan, terpaksa melepaskan terduga pemilik pohon ganja. Namun barang bukti ganja sebanyak satu karung berhasil diamankan dan berhasik dinawa ke Mapolres Empat Lawang.

Camat Muara Pinang, Junaidi Amin mengakui adanya kejadian tersebut dan dia memastikan kondisi pasca kejadian tersebut, di lokasi kejadian sudah berangsur normal dan warga sudah membubarkan diri.

Hanya saja, dirinya belum dapat merinci kronologis kejadian, karena belum mendapat laporan lengkap dari Kepala Desa (Kades) Batu Junggul, lokasi nyaris terjadinya bentrok tersebut. “Kejadiannya memang ada, tapi kini sudah kondusif,” kata dia.

Dijelaskannya, lokasi nyaris terjadinya keributan antara aparat dengan warga memang berada di Desa Batu Junggul, Kecamatan Muara Pinang. Namun terduga pelaku penghalang-halangan aparat saat hendak membawa terduga berikut barang bukti ganja, bukan warga Desa Batu Junggul.

“Saya hanya katakan kejadian itu memang ada, tapi secara spesifik, saya kurang jelas bagaimana kronologisnya. Nanti bisa tanyakan langsung dengan pihak kepolisian,” ujarnya.

Disisi lain, hingga berita ini naik cetak, belum ada keterangan resmi dari pihak Polres Empat Lawang, terkait insiden ini. (12)

 

Kapolsek : Tidak Ada Kerumunan Massa di Desa Batu Junggul

SEMENTARA ITU, Kapolsek Muara Pinang, Iptu Gunawan menjelaskan, sepengetahuan pihaknya, memang benar adanya upaya penggerebekan diduga ladang ganja oleh pihak Satres Narkoba Polres Empat Lawang. Namun dia tidak melihat adanya kerumunan massa yang besar di Desa Batu Junggul Kecamatan Muara Pinang.

“Saya diminta mem-back up aparat dari Polres yang hendak melakukan pengerebekan ladang ganja. Intinya saya tahu ada kegiatan itu. Tapi, kalau ditanya ada terjadinya nyaris bentrok aparat, saya tidak melihat itu. Hal ini penting diluruskan agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi,” ujar Gunawan.

Lebih lanjut dijelaskannya, terkait apakah ada hasil atau tidak dalam penggerebekan itu, dirinya tidak begitu mengetahui karena memang Polsek Muara Pinang hanya mem-back up pengamanan. “Mungkin saja ada, tapi saya tidak tahu itu, silahkan tanya Polres saja kalau soal hasil pengerebekan. Yang jelas setahu saya tidak ada kerumunan massa yang katanya sangat banyak di Desa Batu Junggul, kalau di lokasi (kebun, red) mungkin saja,” terang dia.

Diapun menegaskan, saat ini kondisi wilayah Kecamatan Muara Pinang, sangat kondusif dan pihak menjamin itu. “Untuk sekarang sangat kondusif, berkat do’a-do’a kawan-kawan media juga,” tukasnya. (12).

Empat Lawang

Kemenag Doa Bersama,Kesembuhan Menag

Published

on

Caption : Tampak suasana Dzikir dan Doa bersama kemenag Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Menteri agama indonesia,positif terpapar wabah covid -19.

Maka dari itu Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Empat Lawang bersama jemaah menggelar dzikir dan doa bersama,dimusholah al madani kemenag Empat Lawang.Selasa (22/9).

Dzikir dan Doa bersama ini di tujukan untuk kesembuhan menteri agama yang terpapar wabah covid-19.

“Doa bersama untuk kesembuhan menteri agama dari covid yang dilanjutkan dengan membaca yasin dan dzikir,”Kata H Muhammad Makki S. Ag, M. Pd. I Kakankemenag Empat Lawang.Kamis (24/9).

Dzikir dan doa bersama langsung di kordninatori oleh Kasubag T.U H.M Syaifullah M.M dilanjutkan dengan pembacaan surah yasin dan dzikir serta dilanjutkan dengan doa bersama

Dengan harapan,digelarnya dzikir dan doa bersama ini ,bisa memberikan kekuatan ilahi untuk kesembuhan kepada menteri agama.

“Semoga beliau diberikan kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi semua ujian ini,dan beliau segera sembuh dari wabah covid-19,”Ucapnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Bung Ben Programkan 3M Untuk PWI

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption :Beni Syafrin berfose bersama ketua PWI Sumsel dan anggota.

REL,Empat Lawang – Ber-Visi misikan 3 M ,Beni Syafrin terpilih menjadi ketua definitif Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Empat Lawang.Rabu (23/9).

Beni Safrin terpilih dengan memenangi 7 suara berselisih satu suara,dengan total pemilih sebanyak 13 orang yang tergabung dari anggota PWI Kabupaten Empat Lawang

“Alhamdulilah terima kasih teman teman,kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama,”Lanjut Beni

Dengan,Mewujud Sumber Daya Manusia Yang Unggul, Profesional, Berkualitas dan Bermartabat. Mendukung Terwujudnya Empat Lawang MADANI,ia pun mempunyai program program unggulan yang di rangkum menjadi 3M

“Yang pertama, Memperkuat Sinergitas Dengan Pemerintah Empat Lawang untuk membangun Bergening Kuat Dengan Pihak Swasta,Meningkatkan Profesionalisme Seluruh Anggota PWI, Yang Berbasis Digitalisasi ,melalui Peningkatan Uji Kompetensi dan Penguatan bimtek terkait tata kerja Jurnalis, termasuk juga aturan dan perundang-undangan yang terupdate,”Sambung Bung Beni

Menciptakan perlindungan hukum bagi seluruh anggota PWI dan Peningkatan Kesejahteraan,membentuk koperasi PWI Empat Lawang,menciptakan usaha kreatif sebagai pendapatan PWI,membangun solidaritas antar seluruh anggota PWI melalui arisan keluarga , menyiapkan asuransi tenaga kerja gratis untuk seluruh anggota PWI dan PWI mempunyai kantor sendiri.

“Tentunya semua ini perlu kerjasama dan dorongan dari kita semua,mari kita bersama sama memajukan PWI Empat Lawang,”Ucap Bung Beni

Dengan harapan PWI Empat Lawang kedepannya dapat lebih konsisten dan profesional dalam bekerja untuk mewujudkan Empat Lawang MADANI.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Tampak Dandim 04-05 lahat tinjau lokasi pembukaan jalan

REL,Empat Lawang – Dandim. 04-05 Lahat melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 di tahun 2020.Selasa (22/9).

Dandim 04-05 lahat menaungi 3 wilayah yakni .kabupaten Empat Lawang,kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

Namun,pantauan dilapangan ,yang menjadi titik lokasi giat tersebut yakni di Kabupaten Empat Lawang tepatnya di Kecamatan Pendopo Desa Tanjung Raman.

Dandim 04-05 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien,SE.M.Si mengatakan ada 2 kegiatan dari TMMD yakni giat fisik dan non-fisik diantarannya pembukaan jalan kurang lebih 1,120 meter dengan lebar kurang lebih 5 meter dan gorong gorong sebanyak 10 unit.

“Sedangkan non-fisik mempunyai 8 program diantaranya,yang pertama penyuluhan kesadaran bela negara,penyuluhan tentang hukum,penyuluhan tentang bahaya narkoba,penyuluhan tentang pertanian,penyuluhan tentang wawasan kebangsaan,penyuluhan tentang kesehatan,penyuluhan tentang pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),”Lanjut Syahwab

Sasaran yang dicapai,membantu mempercepat pembangunan di daerah memperlancar perhubungan/transfortasi darat,membantu tingkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,tanamkan kesadaran bela negara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Jadi capaian yang di inginkan ada 5 point tersebut di kegiatan TMMD ke 109 ditahun 2020,”Jelasnya.

Terpisah Shanti warga Tanjung Raman merasa senang dengan adannya TMMD di Desanya,karena menurutnya dengan adanya pembukaan jalan ini bisa memperlancar aktivitas warga sehari hari.

“Senang,semoga kedepannya lebih maju lagi dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending