oleh

AK1 Diprediksi Akan Meningkat Usai Idul Fitri

REL, Empat Lawang -Saat ini jumlah pembuatan Kartu Kuning atau AK1(Surat Pencari Kerja) di Kantor Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan UMKM Kabupaten Empat Lawang mengalami penurunan.

Jika sebelumnya pembuatan Kartu kuning tersebut sehari mencapai belasan bahkan puluhan, tapi sekarang tidak lebih dari Lima (5) orang.

“Menurun pembuatan AK1 dikantor sekarang, kalau menurut data paling dalam sehari pembuatan AK1 itu tidak lebih dari 5 orang,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan UMKM Kabupaten Empat Lawang Kuswinarto didampingi Kabid Tenaga Kerja Joni Verdi

Penurunan tersebut dilanjutkan Joni , kemungkinan para pencari kerja itu, sudah mendapatkan pekerjaan baik didalam Daerah maupun diluar Daerah.

“Tapi kemungkinan sudah banyak terserap didalam Daerah, sebagai Honorer diberbagai Instansi Pemerintahan,” ujarnya.

Dan kemungkinan besar Sambung Joni , pembuatan Kartu Kuning atau AK1 tersebut, akan kembali meningkat sehabis hari raya Idul Fitri bulan juni mendatang. Karena banyak yang ingin hijrah dan ikut keluarga yang sudah menetap diluar Daerah.

“Diprediksi kembali meningkat habis lebaran, karena banyak yang ingin keluar Daerah. Seperti ke Jabodetabek ada juga sebagian ke Batam Kepulauan Riau, biasanya seperi itu setiap tahun,” tukasnya. (Mg20).

BACA JUGA