Connect with us

Empat Lawang

70 Unit Lapak akan Dibangun

Published

on

Al Mutholib.

REL, Empat Lawang – Sebanyak 70 unit lapak sementara untuk pedagang dipasar Pulau emass akan segera dibangun oleh Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Empat Lawang.

Pembangunan lapak sementara tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk menjawab tantangan tentang permasalahan kondisi pasar Tebing Tinggi yang semerawut banyak pedagang kaki lima (PKL) yang membandel yaitu berjualan diatas trotoar dan berjualan di jemabatan pulau emas.

“Kalau tidak ada halangan Rabu (16/10/19). ini kita akan meletakkan batu pertama pembangunan lapak sementara,dengan lokasi didalam pulau emas bekas lapangan Empat Lawang Expo kemarin,”kata Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan AlMutholib didampingi Kabid Perdagangan Kamirun,senin (14/10/19).

Pihaknya, lanjut Mutholib saat ini sedang mendata jumlah pedagang yang akan direlokasi dan jenis jualannya agar nanti apabila pembangunan lapak tersebut sudah rampung maka akan disesuaikan penempatan para pedagang tersebut.

“Nanti para pedagang ini sesuai dengan yang dijualnya kalau ia pedagang ikan nanti akan pedagang ikan semua, kalau ia pwdagang ayam nanti isinya Pedagang ayam semua begitu juga kalau ia pedagang sayur mayur nanti akan di isi oleh pedagang sayur semua dengan tujuan agar nanti para pedagang bisa bersaing dengan sehat yaitu bersaing kwalitas dan harga tinggal konsumen yang menentekukan,”jelasnya

Masih dikatakannya, pihaknya tidak mau asal – asalan dalam menindak atau menertibkan para PKL yanh membandel tersebut, karena meraka membandel tersebut karena terpaksa dan mereka melakukan hal tersebut juga karena mencari sesuap nasi.

“Saya baru dilantik jum’at tadi menjadi kepala dinas sebelumnya sempat Plt , jadi kami tidak mau asal penertiban saja kalau hasilnya para pedagang tetal saja bandel, jadi dengan adanya bangunan lapak sementara nanti maka para PKL akan kita arahkan untuk berjualan di dalam , dan apabila masih saja membandel baru akan di tertibkan bersama dengan instansi terkait yaitu POL -PP dengan di Back Up Polisi,”tuturnya

Diakuianya, untuk melakukan penertiban agar pasar tertata rapi itu bukanlah hal yang mudah, perlu proses dan tahapan – tahapan serta dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan pasar yang rapi dan tidak semerawut .

“Bertahap, selain didata para PKL juga kita beri himbauan agar nanti mereak tidak terkejut apabila di pindahkan kedalam, dan untuk yang berjualan dipasar lorong talang padang juga kita himbau dan akan di pindahkan juga kedalam pasar pulau emass,”jelasnya

Kalau sudah begitu, ujar Mutholib dirinya sangat optimis nanti kondisi pasar Empat lawang akan berubah dari yang tadinya terkesan semerawut akan menjadi lebih rapi dan tertata.

“Insha Allah, kedepan mudah – mudahan permasalahan pasar secara bergahap akan teratasi termasuk juga pasar tradisonal modern (PTM) yang berada di Pendopo juga akan ditata kembali,” tukasnya (Mg20).

Empat Lawang

Kemendagri Bahas Tapal Batas Empat Kabupaten

Published

on

RAPAT : Suasana pembahasan rapat koordinasi penyelesaian batas wilayah Administrasi antara Kabupaten dalam Provinsi Sumsel di Kantor Dinas PUPR Empat Lawang, Kamis (24/10).

REL, Empat Lawang – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Empat Lawang, Tim dari Kemendagri menyambangi Empat Lawang guna membahas sekaligus penyelesaian tapal batas antara Empat Lawang dan Kabupaten Lahat.

Bukan hanya membahas tapal batas dengan Kabupaten Lahat dan Empat Lawang saja melainkan juga membahas batas antar Kabupaten OKU dengan OKU Selatan.

Sekda Empat Lawang H Edison Jaya kepada wartawan mengatakan, rapat koordinasi penyelesaian batas wilayah ini bukan membahas tapal batas antar Empat Lawang dengan Lahat saja melainkan juga membahas tapal batas OKU dengan OKU Selatan.

“Kebetulan tempatnya di Empat Lawang. Ada dua agenda pembahasan yang pertama Empat Lawang dengan Lahat dan OKU dan OKU Selatan,” ujar Sekda disela rapat berlangsung, Kamis (24/10).

Khusus untuk Empat Lawang sendiri dikatakan Sekda, masih ada tapal batas yang belum clear yakni Tapal Batas Kabupaten Empat Lawang dengan Lahat, sedangkan dengan Kabupaten Musi Rawas dan Kepahiang Provinsi Bengkulu sudah jelas secara administrasi.

“Dalam rapat koordinasi ini dibahas langsung dan ditemukan antar Kabupaten bahkan dibahas juga secara administrasi bersama Tim dari Kemendagri,” ungkapnya.

Nanti sambung Sekda, akan timbul hasil maupun kesempatan apalagi semua pihak dihadiri baik dari Provinsi maupun Kabupaten berbatas dan ditengahi langsung oleh Kasubdit batas Daerah Wilayah I Kemendagri.

“Kalau batas wilayah antar Empat Lawang dan Lahat sudah clear artinya tidak ada kendala lagi persoalan batas wilayah khusus untuk Kabupaten Empat Lawang,” tambahnya.

Taurat hadir dalam Rapat koordinasi penyelesaian batas wilayah administrasi antar kabupaten dalam provinsi Sumsel, Kasubdit Batas Daerah Wilayah I Kemendagri Siti Metrianda, Sekda Empat Lawang, Kajari Empat Lawang Ronaldwin, Kapolres Empat Lawang AKBP Eko Yudi Karyanto, Staf Ahli, Plt Asisten I sekaligus Kabag Tapem Empat Lawang H Muzakar, Pemkab OKU/Bagian Tapem, Asisten I, BPN OKU Selatan dan perwakilan Pemkab OKU Selatan. (12)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Cari Bibit yang Berjiwa Seni

Published

on

AKUSTIK: peserta sedang menampilkan musik akustik, Kamis (24/10/2019).

REL, Empat Lawang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang menggelar acara Festival pelajar Madani 2019 yang di ikuti oleh seluruh pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Empat Lawang di aula Hotel Kito, Kamis (24/10).

Adapun perlombaan yang diikuti seluruh pelajar diantaranya juz’amma,lomba lomba melukis destinasi wisata yang ada di Empat Lawang,melukis Kaligrapi,dan lomba music akustik yang terbagi dua yaitu menyanyikan lagu berjung dan lagu religi yang diikuti kurang lebih 280 peserta.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang Rita Purwaningsih, mengatakan lomba tersebut bertujuan mencari bibit siswa-siswi yang mempunyai potensi baik seni maupun kebudayaan.

“Perlombaan ini adalah guna untuk mencari bibit pelajar yang mumpuni, berpotensi dan berbakat yang ada di Kabupaten Empat Lawang,guna untuk mewujudkan Empat Lawang yang MADANI,” katanya.

Dirinya berharap, agar para peserta nantinya bisa mengikuti perlombaan dengan sportif dan tidak ada interpensi, namun memang benar – benar menunjukkan kemampuannya masing – masing.

“Harapan kami para peserta bisa mengikuti lomba dengan sportif karena kedepan akan ada pembinaan, untuk disiapkan keperlombaan jenjang yang lebih tinggi yaitu mewakili kabupaten ke Provinsi,” tukasnya. (mg15)

Baca Selengkapnya

Bisnis

Kesadaran Membayar Pajak Meningkat

Published

on

REWORD : Tiga Kecamatan di Empat Lawang mendapatkan Reword,

REL, Empat Lawang – Para Kepala Desa, Lurah dan Camat di Bumi saling Kruani sangi krawati menghadiri acara Realisasi pencapaian Desa dan kelurahan dengan persentase 0, berlokasi di lapangan pemkab Empat Lawang.Kamis (24/10/19) sekira pukul 09 : 00 Wib.

Melalui Bulan Bakti Pelunasan  PBB-P2  kita tingkatkan  kesadaran membayar pajak untuk Empat Lawang madani

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui Sekda Empat Lawang H Edison Jaya, mengatakan capaian PAD PBB-P2 tahun 2019 mengalami peningkatan dibandingkan capaian target PAD PBB-P2 tahun 2018 dimana dari target Rp 911.831.941 juta.

“Target penerimaan PAD Tahun 2019, dari sektor PBB-P2 pada tahun 2019 adalah Rp 911. 831. 941 juta. Dari target tersebut sampai bulan September, realisasi penerimaan PAD dari sektor PBB-P2 adalah Rp 918.639.696 juta atau 100,57 persen ini cukup membanggakan, sudah oper target,” kata Edison saat dibincangi wartawan usai membuka bulan bakti pelunasan PBB -P2 tahun 2019 dilapangan Pemkab Empat Lawang, Kamis (24/10/19).

Dan acara realisasi pencapaian Desa dan kelurahan dengan persentase 0,berjalan sebagaimana mestinya dan bagi kades lurah serta camat yang mencapai target di berikan penghargaan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah.

Masih dikatakan Edison, menyakini jika sampai bulan Desember nanti, capaian PAD Empat Lawang dari sektor PBB-P2 tahun 2019 diatas Satu (1) Miliyar.

“Ini baru sampai September sudah oper target  dan saya berkeyakinan sampai bulan Desember capaian PAD dari sektor PBB-P2 bisa sampai diatas 1 Miliyar. Dan mudah-mudahan tahun depan lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Untuk yang masih nol persen sambung Edison, dirinya menghimbau, agar segera melunasi kewajiban pajaknya di Desanya masing-masing.

“Untuk yang masih nol persen, kita himbau kepada Camat dan Kades nya, untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama untuk melunasi kewajiban membayar pajak di Desanya masing-masing,” tukasnya. (Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending