oleh

70-an Koperasi Mati, 80-an Antara Hidup dan Mati

REL, Empat Lawang – Kabupaten Empat Lawang memilki sekitar 280-an unit koperasi yang tersebar di 10 kecamatan yang ada. Namun dari sebanyak jumlah koperasi yang terdata tersebut, sebanyak 70-an unit koperasi sudah Mati.

“Kalau yang antara hidup dan mati atau mati suri, ada sebanyak 80-an unit koperasi yang terdata di kita,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto saat dibincangi wartawan di Tebing Tinggi, Senin (14/1).

Menurut Kuswinarto, data tersebut masih merupakan data lama 2018. Untuk data 2019, pihaknya akan menjadwalkan sekitar Februari untuk melakukan pendataan ke lapangan. “Kita akan kembali melakukan pendataan Insyaallah pada Februari nanti, dengan turun langsung ke lapangan,” ungkapnya.

Disampaikannya, pendataan yang dilakukan pihaknya ini, nantianya akan dilaporkan ke pusat melalui kementerian terkait. Pemerintah pusat sebut dia, akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan meng-upgrade data koperasi seluruh Indonesia.

“Pihak koperasi yang dinyatakan mati atau tidak aktif lagi boleh komplin. Tentu dengan melampirkan segala bukti kegiatan dan admistrasi. Kalau benar nanti setelah diverifikasi ternyata masih aktif, akan kembali dinyatakan aktif,” terangnya.

Karenanya, Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, kata Kuswinarto, mengimbau seluruh koperasi yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, segera mealaporkan hasil rapat tahunan mereka ke pihaknya, agar nanti tidak dianggap koperasi yang sudah mati.

“Demikian juga untuk koperasi yang aktif namun belum pernah menyampaikan laporan, kami harap segera melapor, agar kegiatan mereka tidak diangap ilegal,” tegasnya. (12).

BACA JUGA