Connect with us

Lahat

63 SMP Masih Gunakan UNPK

Published

on

TINJAU : Bupati Lahat Cik Ujang saat meninjau ujian nasonal di salah satu SMP.

* Tidak Terjangkaunya Jaringan Internet Jadi Alasan

REL, Lahat — Melihat dari masih banyaknya sekolah, yang belum melakukan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) khususnya di Kabupaten Lahat. Ternyata, belum terjangkaunya jaringan internet ke sekolah kembali menjadi alasan, tahun ini belum dilakukannya lagi UNBK di puluhan sekolah tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun, untuk tahun ini puluhan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Lahat masih menggunakan sistem ujian nasional kertas pensil (UNKP) alias manual, dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sedikitnya dari 88 SMP, 63 diantaranya masih melakukan UNKP dengan peserta UN sebanyak 7.219 siswa yang tersebar di 24 kecamatan dalam Kabupaten Lahat.

Hal ini, dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat, Drs H Sutoko Msi, melalui Kabid Pembinaan SMP, Sukaryo MPd, ditemui diruangan mengatakan, belum terjangkaunya jaringan internet salah satu alasan di sekolah sekolah ini belum melaksanakan UNBK.

” Terutama sekolah sekolah yang berada di dan masuk ke dalam, dimana jangkauan internet merupakan pendukung pelaksanaan unbk tidak sampai kesana, sehingga unpk menjadi solusi dalam pelaksanaan un,” jelasnya. Selasa (23/4/2019).

Meskipun menggunakan UNKP, Sukaryo memastikan ujian tetap berlangsung sesuai aturan. Mengingat soal ujian dikirim langsung dari Jakarta. Jika seluruh ujian sudah selesai, akan langsung disampaikan ke Disdikbud Provinsi Sumsel, lalu discan terus dilanjutkan ke pusat.

“ Alhamdullilah, hingga saat ini tidak ada kendala di lapangan, dikarenakan soal-soal ujian ini sendiri berasal langsung dari Kemendikbud. Dimana pelaksanannya dimulai dari kemarin 22 April hingga 25 April 2019 mendatang,” kilahnya.

Terpisah, Bupati Lahat, Cik Ujang SH dikonfirmasi terkait hal ini berharap, meskipun masih ada yang melakukan UNKP dalam pelaksanaa Ujian Nasional, berharap ini tidak mengurangi semangat para siswa siswi untuk serius dalam mengerjakan soal ujian. Dengan harapan tentunya seluruh siswa tersebut semuanya dapat lulus ujian.

“ Semoga tahun depan seluruhnya sudah UNBK. Karena soal pendidikan ini juga jadi program prioritas kita, dan pastinya ini akan kita cari solusi terbaik agar hal ini dapat kita atasi.” tukasnya. (mg21)

Bisnis

IWO Pusat Ketagihan Mencicipi Durian Empat Lawang

Published

on

Caption : Pengurus Ketua IWO pusat saat mencicipi Durian Empat Lawang.

 

REL,Lahat – Sesusai melantik dan mengukuhkan Ketua dan Prngurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lahat,Ketua Umum IWO Pusat dan rombongan,Ketua IWO Propinsi dan anggotanya beserta para ketua IWO Kabupaten lainnya menikmati durian yang didatangkan langsung dari Kabupaten Empat Lawang.

Bertempat di ruang santai hotel Buser Kabupaten Lahat,mereka sangat menikmati cita rasa yang khas durian dari Kabupaten Empat Lawang pada Sabtu (07/03/2020) sekira pukul 11.25.Wib.

Ketua umum IWO Pusat Jodhi Yudono disela-sela menikmati nikmatnya durian tembaga yang menjadi ciri khas Empat Lawang mengakui bahwa,cita rasa dari durian tembaga bisa disamakan dengan durian musang king.

“Saya sudah keliling ke Malaysia, Singapura,dan ke beberapa negara lain dan mencicipi berbagai jenis durian,dan saya baru tahu kalau di Indonesia khususnya kabupaten Empat Lawang ada durian yang cita rasanya tidak kalah sama Musang King,bahkan saya berani mengatakan kalau durian Empat Lawang ini cita rasa dan aromanya sama dengan durian musang king,”akunya.

Lebih lanjut Ketua IWO Propinsi Sumatera Selatan Soni Kushardian menambhkan,dengan kultur daging durian yang lunak,manis dan berserat-serat lembut ditambah aromanya yang sangat harum,menambah kelezatan durian Empat Lawang.

“Durian Empat Lawang memang cita rasa dan kelezatannya sungguh luar biasa,”pungkasnya.(*).

Baca Selengkapnya

Bisnis

Bupati Apresiasi Kinerja Wartawan Online

Published

on

Caption : Tanpak suasana pelantikan IWO Kabupaten Lahat.

 

REL,Empat Lawang – Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lahat Periode 2020-2025 di Lantik . Yang mengambil tema” menjadikan wartawan online yang profesional, jujur dan anti hoax”, Sabtu (07/03/2020) jam 09.10 wib bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Laporan ketua panitia pelaksana Antoni mengatakan syukur Alhamdulillah kita dapat hadir pada pengukuhan IWO Lahat Periode 2020-2025 . Proses pelantikan pengurus IWO Lahat akan di Lantik langsung oleh ketua pengurus wilayah ikatan wartawan online (IWO) Sumsel, dengan jumlah 13 orang dari media online di Kabupaten Lahat.

Dilanjutkan pembacaan pengurus ikatan wartawan online Kabupaten Lahat oleh Dwi Apriyanto .

Sambutan ketua Iwo Kabupaten Lahat Periode 2020-2025 Bambang MD mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lahat Cik Ujang dan stakeholder atas terlaksananya kegiatan ini terkhusus panitia yang telah berjibaku dalam pelaksanaan pelantikan ini.

Sesuai dengan tema ” Menjadikan wartawan jujur dan anti hoak, dan kami mohon kerjasamanya dalam pemberitaan untuk menciptakan Kabupaten Lahat Bercahaya”, ujarnya.

Pengurus IWO pusat Jodi Yudhono mengharapkan kawan kawan IWO Lahat juga mengadakan workshop dan latihan menulis untuk pelajar karena ini zaman generasi Milineal, yang punya daya juang tinggi. Untuk pengurus IWO Lahat ” Selamat sudah di kukuhkan”, ujarnya.

Wartawan menyampaikan sesuai dari narasumber yang sebenarnya tidak ada yang di kurangi dan di tambahi jadi berita itu tidak hoak, Bersiaplah untuk melakukan inovasi inovasi baru supaya tidak ketinggalan dan mari jaga spirit, menjaga kemerdekaan”, pesannya .

Sambutan Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan terimakasih kepada Ikatan Wartawan Online (IWO) dari pusat dan Sumsel untuk datang ke Lahat.

“Kami apresiasi kepada wartawan online Kabupaten Lahat telah berperan memajukan Kabupaten Lahat, dalam memberikan dukungan, kritik, masukan dan saran dalam pemberitaan yang membangun untuk kabupaten Lahat” ,ujar Bupati.

“Kami mengharapkan wartawan online Lahat bekerja secara profesional berdasarkan fakta yang tentunya sesuai menjunjung tinggi kode etik jurnalistik wartawan online, seiring dengan kemajuan teknologi, kami berharap informasi yang tersaji berimbang dan tidak terkesan hoak , sesuai visi dan misi Kabupaten Lahat yang berahklak, mandiri, berkeadilan, makmur dan sejahtera Sehingga terciptanya Kabupaten Lahat bercahaya” kata Bupati.

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan Selamat dan Sukses atas pelantikan Ketua dan Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lahat semoga ikatan wartawan online selalu bercahaya .

Tampak hadir di kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH, wakil Bupati Lahat H.Haryanto SE.MM, Kapolres Lahat AKBP Irwansyah Sik MH Cla, perwakilan Kodim0405/Lahat Pasiter Kapten inf Sudarno, Kejari Lahat yang di Wakili Pidum Variska SH, Sekda Lahat Januarsah Hambali SH, Ketua TP PKK Lahat Lidya Wati Cik Ujang, Ketua GOW Sumiyati Haryanto, Ketua Darma Wanita Yanti Januarsah, pengurus IWO pusat Jodi dan rekan, IWO Sumsel Soni dan rekan , Asisten, Staf Ahli, SKPD, Camat Se-kabupaten Lahat, Ormas, LSM, undangan wartawan dari Kabupaten terdekat, beserta pengurus IWO Lahat yang di kukuhkan.(*)

Baca Selengkapnya

Kabar Sumsel

Jembatan Ayek Mulak Roboh

Published

on

 

REL, Lahat – Jembatan Ayek Mulak yang berada dipenghubung Desa Pengenta’an dan Desa Lesung Batu Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, roboh.

Penyebabnya karena tanah di pinggir jembatan amblas sehingga jembatan ikut amblas.

Sadarman, warga Mulak Ulu menjelaskan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 05.00 pagi (30/12/2019). Akibat hujan deras dari siang kemarin sampai hari ini.

Hal yang sama disampaikan Camat Mulak Ulu Sumarno SE MSi melalui Jhon Adri Agustisan SH MM, membenarkan adanya Jembatan Ayek Mulak yang terputus akibat cuaca hujan disana.

Lanjut Jhon, ada lima desa bakal terisolir yang masuk wilayah Kecamatan Mulak Ulu yang melintasi jembatan tersebut. Diantaranya, Desa Lesung Batu, Ayek Puar, Lawang Agung, Padang Kandis dan Pajar Bulan.

“Ini jembatan utama. Warga tidak bisa melintas lagi. Satu satunya jalan dari Muara Enim,” ujarnya.

Jhon juga mengabarkan, sejumlah pegawainya terpaksa izin tidak masuk kerja karena tidak bisa melintas akibat jembatan tersebut putus. (dn/rls)

Baca Selengkapnya

Trending