oleh

58 Personil Siaga Bencana

REL, Empat Lawang – Sebanyak 58 personel disiagakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, untuk bertidak cepat dalam penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu terjadi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Kepala BPBD Empat Lawang, M Taufik mengatakan, selain menyiagakan personel, BPBD Empat Lawang, juga menyiagakan 4 unit perahu yang terdiri dari dua unit perahu jenis lipat dan dua unit jenis perahu mesin, dapur umum dan beberapa peralatan unit penanggulangan bencana.

“58 personel itu juga merupakan petugas Damkar yang kita siagakan di lima Posko bencana yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Kalau regu khusus, kita belum ada” kata Taufik saat dibincangi wartawan, Rabu (28/11).

Dijelaskannya, selain mengadalkan personel yang ada, BPBD Empat Lawang, peranserta masyarakat sangat dibutuhkan pihaknya. Pasalnya, dalam penanganan bencana, diperlukan relawan-relawan penanggulangan bencana.

“Makanya, tahun depan kita memiliki program semacam desa sadar bencana yang Insyaallah, penganggaran kegiatannya tidak menggunakan APBD,” katanya.

Di Kabupaten Empat Lawang saat ini, bencana rawan terjadi saat musim hujan seperti saat ini adalah bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, karena geografis wilayah Kabupaten Empat Lawang ada di pingiran aliran sungai dan berbukit-bukit. Pihaknya tentu saja sangat berharap masyarakat memahami itu dan menyiagakan diri menghadapi kemungkinan-kemungkinan adanya bencana alam tersebut.

“Masyarakat penting memahami itu, untuk siap dengan segala kemungkinan yang terjadi, agar terhindar dari segala bahaya bencana,” tandasnya. (12)

BACA JUGA