oleh

58 Persen Anak Tidak Bisa Baca Al-Qur’an

REL, Empat Lawang – Berdasarkan data dari hasil survei, ternyata 58 persen anak-anak di Kabupaten Empat Lawang tidak bisa membaca Al Qur’an.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, kaget dan gelisah ketika dirinya mendapatkan data kalau 58 persen anak-anak di Empat Lawang tidak bisa membaca Al Qur’an.

“Saya resah dan gelisah, ketika mendapatkan data ternyata 58 persen anak-anak di Empat Lawang tidak bisa baca Al Qur’an. Padahal selama ini Empat Lawang terkenal dengan Daerah berbasis Agama,” kata Joncik pada saat dibincangi awak Media kemarin.

Apa lagi lanjut Joncik, hampir 100 persen penduduk di Kabupaten Empat Lawang ini beragama Islam, dan dirinya sudah memerintahkan Kabag Kesrah Empat Lawang untuk memantau TPA-TPA yang ada di Empat Lawang.

“Saya mau anak-anak yang baru masuk sekolah harus bisa baca Al Qur’an, makanya harus digalakkan mulai dari TPA-TPA nya, pak Kesrah pantau terus TPA yang ada,” ujarnya.

Dijelaskan Joncik, nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Pemerintah (Perda) nya, yang mewajibkan anak-anak harus bisa baca Al Quran, sebagai salah satu syarat masuk sekolah.

“Nanti kita terbitkan Perbub dan Perda nya, yang mengharuskan anak-anak wajib bisa membaca Al Qur’an ketika hendak masuk sekolah,” jelasnya.

Dirinya sambung Joncik, ingin membangkitkan kemabali Syiar-syiar Islam di Kabupaten Empat Lawang, dan menurutnya syiar-syiar Islam itu dimualia dari anak-anak.

“Baik Agamanya, baik Iman dan Taqwannya maka baik juga Empat Lawang. Dan kami ingin menanamkan nilai-nilai Keagamaan di Empat Lawang dan itu dimuali dari anak-anak,” pungkasnya (mg20).

BACA JUGA