oleh

50 Persen Bagus, 50 Persen Jelek

 

 

REL, Empat Lawang – Ternyata meskipun saat ini Kabupaten Empat Lawang tengah dilanda banjir buah Durian, hanya saja tidak semuanya kualitas buah durian bagus bahkan kisaran 50 persen bagus dan jelek.
Tentu saja ada penyabab kenapa buah durian separuh jelek, kebanyakan penyebab jelak kualitas buah durian tidak lain diambil dibatang belum masak sehingga hal tersebutlah penyebab jeleknya kualitas buah.

Sahlan salah pengusaha Durian kupas dan daging mengakui buah yang masuk ditempatnya saat ini merupakan buah local Empat Lawang, saat ini dirinya belum mengambil buah dari luar daerah karena di Empat Lawang tengah banjir buah.

“Buah musim ini 50 persen bagus dan 50 persen tidak bagus (jelek), penyebabnya daun muda atau masak tidak maksimal, itu artinya belum maksimal masak sduah diambil sehingga itulah membuat kualitas buah tidak bagus,” ungkap Sahlan saat disambangi wartawan kediamannya Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (30/1).

Tentunya lanjut Sahlan, apaila kualitas buah yang tidak bagus jelas berpengaruh dengan rupiah atau harga jual bahkan dirinya selaku pelaku usaha durian kupas dan daging terpaksa melakukan penerapan memilih buah bagus untuk dibeli.

“Kalau buah bagsu kita siap beli mahal bahkan apabila buah tidak bagus maka buat itu tidak kita ambil karena kita ingin buah dengan kualitas bagus, sebab kita mengambil buah manis dnegan kulitas bagus,” ujarnya.

Apakah ada pengaruh dengan musim kemarau Panjang lalu kata Sahlan, justru penilainya terhadap musim kemarau Panjang lalu kualitas buah durian bagus meskipun buahnya tidak banyak seperti musim sekarang ini.

Bahkan dikatakan Sahlan, kualitas buah seperti ini atau daun muda (Masak tidak maksimal) terjadi bukan hanya di Kabupaten Empat Lawang saja melainkan hampir menyeluruh terjadi di daerah lain.

“Terkadang pemilik kabun durian tidak mementingkan kualitas buah, padahal apabila kualitas buah baus jelas pengumpul atau tokeh siap membeli mahal sesuai dengan kualitas,” imbuhnya.

Apa lagi seperti dirinya selaku pengusaha durian kupas tentu memilih kualitas buah bagus karena selruh buah yang ada ditempatnya dikupas dan dikemas dalam kemasan untuk di kirim kembali Jakarta dan Surabaya.

“Di Daerah Jaw aitu tentu saja mereka memilih kualitas buah yang manis dan bagus, ditambah lagi Jaw aitu mereka sudah punya khas masing-masing,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam satu haru untuk mencari buah yang kualitas bagus tentu saja harus di cek terlebih dahlu, itulah kenapa setiap buah yang dijual oleh warga harus dipilih bahkan disortir.

“Dalam satu hari sekitar 4000 buah yang masuk, namun dari 4000 tersebut sekitar 3000 buah yang dianggap bagus sisanya buah ‘BS’ (kualitas tidak bagus) sehingga pelaku suaha seperti kita harus cermat dalam memilih buah sebab kita lebih memilih kualitas,” jelasnya.

Sahlan menambahkan, dirinya dengan pelaku usaha durian lain tidak bisa disamakan, seperti yang menjual buah maupun usaha lempok durian. “Karena kita ini sudah pesan di Jawa dan Surabaya maka saat ini kita focus kepada durian kupas dan daging, kemungkinan kedepan kita akan usaha lempok juga,” tambahnya. (12).

BACA JUGA