oleh

50 Hektar Sawah Mengalami Fuso

* Total 80 Ha Sawah Mengalami Kekeringan

 

REL, Empat Lawang – Sekita 80 Hektar Lahan Sawah di Bumi Saling Kruani Sangi Krawati mengalami kekeringan baik itu kekeringan ringan sedang berat ataupun Fuso diantaranya

5 (Lima,Red ) HektarĀ  kekeringan Ringan,16 (Enam Belas ,Red) Hektar kekeringan Sedang,9 (Sembilan ,Red ) Hektar kekeringan berat dan 50 (Lima Puluh,Red) Hektar mengalami Fuso

Kemarau yang panjang melanda Kabupaten Empat Lawang selama 3 Bulan terakhir ini,membuat banyaknya lahan persawahan yang mengalami kekeringan dan dilakukan pompasisasi.

Hal tersebut di katakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang Dadang Munandar,”Ada Bantuan lima alat Pompanisasi yang tersebar di Empat Lawang untuk mengoptimalkan masalah kekeringan,dan yang paling banyak mengalami kekeringan Kecamatan Tebing Tinggi dengan Kecamatan Pendopo,” kata Kadis Pertanian Dadang Munandar, Selasa (15/10/19).

Terpisah Koordinator POPT – PHP Tugimin mengatakan, sudah melakukan Pompanisasi di Tiga Kecamatan yakni ke Kecamatan Tebing Tinggi,Kecamatan pendopo dan KacamatanĀ  Lintang Kanan.

“Kalau Kecamatan Ulu Musi tidak ada sumber air, popt nya sudah menelusuri sumber air nya, tetapi sumber air nya tidak sampai ke persawahan, kalau di Kecamatan Saling penelusuran sumber air sampai 1 hari, seterusnya air sampai ke persawahan, tetapi hari berikutnya tidak sampai lagi,”Ungkapnya.

Dengan demikian Lanjutnya,Pihaknya telah berupaya melakukan penanganan Pompanisasi maupun pembersihan aliran sungai.

“Kami sudah melakukan upaya untuk penanganan dampak kekeringan dengan melakukan pompanisasi, dari sumber air sungai, dan pembersihan saluran sungai, tapi apa daya, petani sudah menyerah karena tambah banyak biaya yang mereka keluarkan untuk penanganan dampak kekeringan tersebut,” tukasnya. (Mg20).

BACA JUGA