Connect with us

Empat Lawang

445 Bacaleg Berebut 35 Kursi DPRD

Published

on

REL, Empat Lawang – Masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif sudah dinyatakan ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang sejak Selasa (17/7) jam 24.00 WIB. Dari data yang terhimpun, sebanyak 445 Bacaleg di Kabupaten Empat Lawang, dari seluruh parpol peserta Pemilu 2019 akan memperbutkan 35 kursi DRPD, masing -masing partai sudah mendaftarkan Bacaleg mereka untuk selanjutnya menunggu proses ditetapkan di daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

Informasi yang berhasil dihimpun, hingga Rabu (19/7) jam 00.30 WIB, proses pendaftaran Bacaleg terus berlangsung. Sejumlah parpol yang paling akhir mendaftar yakni PSI dan Partai Garuda, berkasnya diterima KPU Kabupaten Empat Lawang.

Adapun rincian jumlah Bacaleg yang didaftarkan parpol antaralain, PKB sebanyak 29 orang, Gerindra sebayak 33 orang,  PDI Perjuangan sebanyak 35 orang, Partai Golkar 35 orang, Partai Nasdem 34 orang, Partai Garuda sebanyak 9 orang, Partai Bekarya sebanyak 21 orang, PKS sebanyak 29 orang, Partai Perindo sebanyak 35 orang, PPP sebanyak 26 orang.

Selanjutnya, PSI sebanyak 20 orang, PAN sebanyak 35 orang, Partai Hanura sebanyak 32 orang, Partai Demokrat sebanyak 35 orang, PBB sebanyak 18 orang dan PKPI sebanyak 19 orang. Total sebanyak 445 orang.

Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang Divisi Tekhnis, Billy Farsha melalui salah seorang staf KPU Kabupaten Empat Lawang, Akmal mengatakan, seluruh parpol peserta pemilu 2019 semuanya sudah mendaftar dan berkasnya sudah diterima.

Dalam pendaftaran ini kata Akmal, semua parpol memenuhi sedikitnya enam kriteria misalnya, Model B tentang surat pencalonan, Model B1 daftar bakal calon, Model B2 surat penyaataan seleksi bakal calon, Model B3 fakta integritas yang ditandatangani ketua parpol bahwa dalam proses seleksi Bacaleg yang diajukan ke KPU mememiliki integritas dan komitmen. Selanjutnta SK Kepengurusan parpol dan terakhir menyertakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Parpol.

.”Hanya ada satu partai politik yang pendaftaran terakhir, meskipun lebih waktu sedikit datang ke KPU masih diterima karena Submit sudah dimasukannya terlebih dahulu sebelum jam berakhir, sebelum datang dari sekretariat parpol yang dimaksud sehingga terdata,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Empat Lawang, Son Pardede mengaku parpolnya mejadi parpol terakhir yang mendaftarkan Bacaleg-nya ke KPU Kabupten Empat Lawang.

“Kita daftar jam 23.50 WIB. Ada 9 Bacaleg untuk tiga Dapil yang kita daftarkan. Rinciannya, Dapil 1 sebanyak 5 orang, Dapil 2 sebanyak 2 orang dan Dapil 3 sebanyak 2 orang, semuanya sudah didaftarkan,” beber Son.

Pada pilkada perdana bagi parpolnya ini, satu Dapil yakni Dapil 4 yang meliputi wilayah Kecamatan Talang Padang, Kecamatan Ulu Musi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) tidak dapat didaftarkan karena tidak ada Bacaleg-nya. “Lambatnya kita daftarkan Bacaleg kita, karena ada permasalahan tekhnis di jalan saat menuju sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawamg, operator kita pecah ban kendaraannya. Meski demikian, alhamdulilah Bacaleg kita berhasil kita daftarkan,” tukasnya. (12)

 

Berikut ini Jumlah Parpol yang Mendaftar di KPU Empat Lawang

1.PKB : 29 Orang

2.GERINDRA: 33 Orang

3: PDIP 35 Orang

4: GOLKAR. 35 Orang

5: NASDEM. 34 Orang

6: GARUDA. 9 Orang

7: BERKARYA. 21 Orang

8 : PKS. 29 Orang

9: PERINDO. 35 Orang

10: PPP. 26 Orang

11: PSI. 20 Orang

12: PAN. 35 Orang

13: HANURA. 32 Orang

14: DEMOKRAT. 35 Orang

19: PBB. 18 Orang

20: PKPI. 19 Orang

Empat Lawang

Bupati Resmikan Posko Tangkal Covid-19

Published

on

FOTO : PADRI / REL Caption : Bupati Empat Lawang saat tiba di posko tangkal covid19 ,terlebih dahulu mencuci tangan yang telah disediakan.

 

REL,Empat Lawang – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, resmi melaunching posko Siaga Covid-19, Selasa (2/6/2020).

Posko siaga Covid-19 ini disiapkan, sebagai kampung covid di Empat Lawang, dalam rangka menuju New Normal atau kehidupan yang baru, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ini bagian dari menuju New Normal dan kebetulan Empat Lawang masuk dari 102 didaerah yang masuk New Normal, ini sungguh luar biasa,” ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, disela-sela launching posko siaga covid-19.

New Normal tersebut dijelaskan Bupati, merupakan kehidupan tatanan yang baru dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.

“Saya kaget juga setelah pemerintah pusat menetapkan New Normal, karena New Normal ini di lakukan agar Ekonomi kita tidak ambruk,” jelasnya.

Pihaknya lanjut Joncik, selaku Pemerintah harus memberikan contoh kepada masyarakat, sebab New Normal ini berbeda dengan kehidupan sebelum wabah covid.

” New Normal ini adalah tatanan kehidupan kita yang baru, dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kita harus memberikan contoh terhadap masyarakat, kalau kita minta masyarakat pakai masker kita harus pakai masker, kalau kita minta jaga jarak kita yang mulai,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Masih Mendominasi di Kecamatan Tebing Tinggi

Published

on

Caption : Jubir percepatan penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang dr.Arga Sena Setiawan

 

REL,Empat Lawang – Terhitung dari tanggal 30 Mei 2020 Data yang di dapat dari tim gugus tugas percepatan penanganan covid19 kabupaten Empat Lawang untuk OTG dan ODP maupun PDP masih mendominansi di Kecamatan Tebing Tinggi.

Adapun data untuk hari Sabtu (30/5/20) Kasus Positif ada 1 orang.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan ) 4 orang Proses pengawasan 1 orang sedangkan 3 orang lainnya sudah selesai menjalani pengawasan.

ODP (Orang Dalam Pemantauan) ada sekitar 105 orang dengan Proses Pemantauan 0 (Zero) sedangkan yang selesai Pemantauan berjumlah 105 orang

OTG (Orang Tanpa Gejala ) berjumlah 78 orang yang
di swab 36 orang sementara masih dalam proses 35 orang dan yang selesai 1 orang dinyatakan negatif.

PJ (Pelaku Perjalanan ) sebanyak 3977 orang.

“Untuk Kabupaten Empat Lawang yang mendominasi Kecamatan Tebing Tinggi,”Kata Juru bicara percepatan penanganan covid19 Kabupaten Empat Lawang dr.Arga Sena Setiawan.Sabtu (30/5).

Meski demikian,selaku jubir covid19 dirinya menghimbau masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah.

“Patuhilah anjuran pemerintah karena Empat Lawang belum aman,jangan sampai terlena dengan wacana new normal,tetap harus waspada,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Polres Adakan Rapat New Normal

Published

on

Caption : Tampak suasana rapat koordinasi tentang penerpan New Formal di ruang rapat Mapolres Empat Lawang.

 

REL,Empat Lawang – Mapolres Empat Lawang Vidcon bersama gubernur sumsel, kapolda dan pangdam II Sriwija.

Dalam Vidcon tersebut membahas tentang Rapat Koordinasi Forkopimda Tentang penerapan New Normal di Provinsi Sumatera Selatan,bertempat diruang rapat Mapolres Empat Lawang, Jum’at ( 29/6/ 2020).

Rapat Koordinasi tersebut juga diikuti hadiri Sekda Empat Lawang,Kapolres,Danramil, Pol-pp,Dishub,BPBD,Pariwisata,Dinkes,Dinsos,Dinasker dan Disprindag

Kapolres Empat Lawang AKBP.Wahyu,S.IK dalam penyampaiannya mengatakan bahwa sumsel akan melaksanakan new normal karena Empat Lawang menjadi salah satu rule model yang menerapkan himbauan kepada masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan,

“Dalam rangka menerapi new normal agar semua masyarakat di kabupaten Empat Lawang selalu memakai masker,”Kata Kapolres Empat Lawang.

Dan polres Empat Lawang akan menyiapkan tempat cuci tangan di tempat keramaian serta akan melakukan penyemprotan Disinpektan dengan menggunakan tank semprotan gendong dengan cara door to door.

Sekretaris Daerah (Sekda ) Kabupaten Empat Lawang Edison Jaya juga menyampaikan bahwa Empat Lawang siap mendukung program new normal life dari pemerintah dan memerintahkan satgas untuk secepatnya membuat surat edaran himbauan bupati,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending