Connect with us

Empat Lawang

445 Bacaleg Berebut 35 Kursi DPRD

Published

on

REL, Empat Lawang – Masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif sudah dinyatakan ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang sejak Selasa (17/7) jam 24.00 WIB. Dari data yang terhimpun, sebanyak 445 Bacaleg di Kabupaten Empat Lawang, dari seluruh parpol peserta Pemilu 2019 akan memperbutkan 35 kursi DRPD, masing -masing partai sudah mendaftarkan Bacaleg mereka untuk selanjutnya menunggu proses ditetapkan di daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

Informasi yang berhasil dihimpun, hingga Rabu (19/7) jam 00.30 WIB, proses pendaftaran Bacaleg terus berlangsung. Sejumlah parpol yang paling akhir mendaftar yakni PSI dan Partai Garuda, berkasnya diterima KPU Kabupaten Empat Lawang.

Adapun rincian jumlah Bacaleg yang didaftarkan parpol antaralain, PKB sebanyak 29 orang, Gerindra sebayak 33 orang,  PDI Perjuangan sebanyak 35 orang, Partai Golkar 35 orang, Partai Nasdem 34 orang, Partai Garuda sebanyak 9 orang, Partai Bekarya sebanyak 21 orang, PKS sebanyak 29 orang, Partai Perindo sebanyak 35 orang, PPP sebanyak 26 orang.

Selanjutnya, PSI sebanyak 20 orang, PAN sebanyak 35 orang, Partai Hanura sebanyak 32 orang, Partai Demokrat sebanyak 35 orang, PBB sebanyak 18 orang dan PKPI sebanyak 19 orang. Total sebanyak 445 orang.

Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang Divisi Tekhnis, Billy Farsha melalui salah seorang staf KPU Kabupaten Empat Lawang, Akmal mengatakan, seluruh parpol peserta pemilu 2019 semuanya sudah mendaftar dan berkasnya sudah diterima.

Dalam pendaftaran ini kata Akmal, semua parpol memenuhi sedikitnya enam kriteria misalnya, Model B tentang surat pencalonan, Model B1 daftar bakal calon, Model B2 surat penyaataan seleksi bakal calon, Model B3 fakta integritas yang ditandatangani ketua parpol bahwa dalam proses seleksi Bacaleg yang diajukan ke KPU mememiliki integritas dan komitmen. Selanjutnta SK Kepengurusan parpol dan terakhir menyertakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Parpol.

.”Hanya ada satu partai politik yang pendaftaran terakhir, meskipun lebih waktu sedikit datang ke KPU masih diterima karena Submit sudah dimasukannya terlebih dahulu sebelum jam berakhir, sebelum datang dari sekretariat parpol yang dimaksud sehingga terdata,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Empat Lawang, Son Pardede mengaku parpolnya mejadi parpol terakhir yang mendaftarkan Bacaleg-nya ke KPU Kabupten Empat Lawang.

“Kita daftar jam 23.50 WIB. Ada 9 Bacaleg untuk tiga Dapil yang kita daftarkan. Rinciannya, Dapil 1 sebanyak 5 orang, Dapil 2 sebanyak 2 orang dan Dapil 3 sebanyak 2 orang, semuanya sudah didaftarkan,” beber Son.

Pada pilkada perdana bagi parpolnya ini, satu Dapil yakni Dapil 4 yang meliputi wilayah Kecamatan Talang Padang, Kecamatan Ulu Musi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) tidak dapat didaftarkan karena tidak ada Bacaleg-nya. “Lambatnya kita daftarkan Bacaleg kita, karena ada permasalahan tekhnis di jalan saat menuju sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawamg, operator kita pecah ban kendaraannya. Meski demikian, alhamdulilah Bacaleg kita berhasil kita daftarkan,” tukasnya. (12)

 

Berikut ini Jumlah Parpol yang Mendaftar di KPU Empat Lawang

1.PKB : 29 Orang

2.GERINDRA: 33 Orang

3: PDIP 35 Orang

4: GOLKAR. 35 Orang

5: NASDEM. 34 Orang

6: GARUDA. 9 Orang

7: BERKARYA. 21 Orang

8 : PKS. 29 Orang

9: PERINDO. 35 Orang

10: PPP. 26 Orang

11: PSI. 20 Orang

12: PAN. 35 Orang

13: HANURA. 32 Orang

14: DEMOKRAT. 35 Orang

19: PBB. 18 Orang

20: PKPI. 19 Orang

Empat Lawang

Edi Sugandi Jabat Kasi Datun

Published

on

Caption : Edi Suganti saat dilantik di Kejari Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, Sigit Prabowo SH MH, melantik Edi Sugandi sebagai Kepala Seksi ( Kasi) Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN), menggantikan Andi Candra.

Sementara Andi Candra kini menjabat Kacabjari Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

“Kita berharap Edi Suganda segera menyesuaikan diri di tempat kerja baru ini,” harap Sigit Prabowo.

Ini lantaran, diakuinya, tugas Datun sangatlah penting dalam pendampingan hukum, penegakan hukum serta pelayanan hukum.( Rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Giliran TNI, Polisi serta Guru

Published

on

Caption - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memeriksa vaksin gelombang kedua tiba di Dinas Kabupaten Empat Lawang.

/// Sasaran Vaksin Covid Tahap II

REL,Empat Lawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, kembali menerima vaksin covid-19 tahap II di Dinas kesehatan Empat Lawang, kemarin (2/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes ) Empat Lawang Sulni melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit ( P2P), Dr. Ivon Meliyani mengatakan sebanyak 250 vial vaksin covid -19 diterima dengan sasaran 1.741 orang.

“Gelombang dua ini, sasaran TNI-Polri dan tenaga pendidikan,”Kata Ivon saat menerima vaksin.

Masih dikatakan Ivon data yang telah masuk kedinas kesehatan sebanyak 1200 orang yang akan divaksin,

“Data yang sudah masuk ke kita ada 1200 orang sedangkan kita mendapatkan kuota sebanyak 1.741,”Ujarnya.(Pad/rel)

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Luring terapkan Sistem 5S

Published

on

Foto : Anita / REL Caption : Siswa dites thermogun saat masuki ruangan

REL,Empat Lawang – Di era pandemi, dunia pendidikan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Semua sekolah di Kabupaten Empat Lawang masih menerapkan sistem PJJ baik secara daring ataupun luring sekarang ini. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem PJJ yakni SMP N 1 Muara Pinang.

Kepala SMP N 1 Muara Pinang, Hadi, mengatakan sekolahnya menerapkan sistem pembelajaran daring bagi siswa yang mempunyai handphone, dan pembelajaran luring bagi siswa yang tak mempunyai hanpdhone.

“Anak belajar di rumah, guru mengajar dari sekolah via handpone,” kata Hadi.

Pada saat siswa ke sekolah, sekolah menerapkan sistem 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun untuk menyambut kedatangan siswa. Tentunya penerapan 5S tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerama program 5S sendiri menurut dikatakan Hadi, sejak tahun 2016 sudah mulai diterapkan di sekolah.(Ian/rel)

Baca Selengkapnya

Trending