oleh

39 Paslon Kepala Daerah Sumsel Masuk RSMH

REL, Palembang – Usai melakukan pendaftaran di masing-masing KPU dan telah dinyatakan lengkap, sebanyak 39 Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang di Jalan Sudirman, Kamis (11/1).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Aspahani mengatakan, tes kesehatan para calon kali ini sebanyak 39 pasang, tepatnya 78 orang calon kepala daerah dari 9 kabupaten/kota dan 1 provinsi.

“Selain tes kesehatan, para calon juga akan menjalani tes narkoba. Kegiatan tes ini diperkirakan berlangsung hingga sore nanti,” katanya saat dikonfirmasi di RSMH Palembang, Kamis (11/1).

Ketua KPU Sumsel ini menjelaskan, khusus hari ini para Paslon kepala daerah ini akan melakukan psikotes dan tes urine di BNN Sumsel. Selanjutnya, dari 39 Paslon ini akan menjalani tes kesehatan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Jadi tes kesehatan ini direncanakan akan berakhir tanggal 15 Januari 2018. Untuk hari ini hanya psikotes dan urine BNN keseluruhan Paslon kepala daerah,” ujarnya.

Aspahani menambahkan, para Paslon kepala daerah ini besok, Jumat (12/1) pagi mulai pukul 08.00 WIB, berdasarkan jadwal Paslon kepala daerah, yakni dari Provinsi 4 pasang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) 3 pasang dan Lahat 6 pasang, dengan total 26 orang.

Selanjutnya, hari kedua tes kesehatan Paslon kepala daerah dilaksanakan pada Sabtu (13/1), yakni dari Kota Palembang 4 pasang, Lubuklinggau 3 pasang, Pagaralam 6 pasang, dengan total 26 orang.

Sementara, dilanjutkan hari ketiga Minggu (14/1), yakni Kabupaten Muaraenim 4 pasang, Empat Lawang 3 pasang, Banyuasin 5 pasang, serta Kota Prabumulih 1 pasang, dengan total 26 orang.

“Untuk hasil dari tes kesehatan, nantinya kami terima dari tim dokter dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Selasa (16/1/2018). Selain itu, berdasarkan pemeriksaan tim dokter tersebut, nanti diketahui Paslon kepala daerah tersebut memenuhi syarat atau tidak. Kalau belum dipenuhi, bisa diganti dengan calon yang syaratnya sudah dipenuhi,” pungkasnya. (jpnn)

BACA JUGA