oleh

30 UMKM Bakal Ikuti Pelatihan Keterampilan

REL, Empat Lawang – Setidaknya 30 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Empat Lawang bakal mengikuti pelatihan. Kepastian ini disampaikan langsung Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Empat Lawang Kuswinarto, Senin (8/10).

Menurutnya, program pelatihan merupakan kerja sama Dinas koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Empat Lawang dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel),  yang dilaksanakan di Empat Lawang dengan mendatangkan narsumber dari pihak provinsi. “Acara akan dilaksanakan di akhir bulan ini (Oktober) nanti,” ucap Kuswinarto.

KUswinarto menjelaskan, pelatihan tentang keterampilan kemasan, sehingga UMKM yang disiapkan pihak pendamping koperasi dan UMKM Empat Lawnag tadi harus berkenaan dengan keterampilan kemasan itu tadi,  misalnya usaha lempok,  kopi,  kripik,  telor asin,  jamur,  kerupuk bahkan roti.

Sehinga Kepala Dinas mengharapkan bisa menambah wawasan dan meningkatkan nilai produksi dan daya beli yang tentu berujung meningkatkan usaha dan penghasilan para UMKM di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Pelatihan ini kesempatan yang jarang di laksanakan harapan kami pemilik usaha bisa memanfaatkan dengan baik, mendapatkan pengetahuan dan ilmu usaha khusunya tentang kemasan agar bisa diterapkan di masing masing usaha,” jelasnya.

Sementara itu, Mia salah seorang tenaga pendamping Koperasi dan UMKM Empat Lawang mengaku sudah menyiapkan pelaku UMKM sebagai peserta pelatihan bahkan dipastikan tepat denagan program pelatiha itu tadi,  betapa tidak karena kesemua UMKM yang disiapkan sebagai calon peserta tadi merupakan UMKM yang selama ini sudah menjadi peserta pendampingannya bersama rekan pendamping lain dan sudah disiapkan sebagai calon peserta pelatihan.

“Disini pelaku UMKM bisa menambah ilmu bahkan memecahkan masalah dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha,  peserta bisa bertanya dan pemateri memberikan penjelasan mulai dari kendala peroduksi, kemasan,  pemasaran bahkan Perizinan bisa di tanyakan saat pelatihan itu nanti,” pungkasnya. (12).

BACA JUGA