Connect with us

Empat Lawang

30 Rumah Ludes Terbakar

Published

on

KORBAN API : Warga berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. Wabup H Juarsyah SH saat meninjau lokasi kebakaran.

REL, Muara Enim – Kebakaran terjadi di permukiman padat penduduk di wilayah di Desa Gunung Agung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Muara Enim, sekitar pukul 09.00 WIB kemarin (9/10). Kobaran api melahap sekitar 30  unit rumah milik warga berkonstruksi kayu  rata dengan tanah.

Penyebab kebakaran dan asal api, hingga berita ini dibuat belum diketahui secara pasti. Pihak kepolisian dari Polsek Semende masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Pada kejadian kebakaran itu tidak ada korban jiwa, namun sebagian besar harta benda korban ludes terbakar.

Sebab pada saat kejadian rumah tersebut mayoritas dalam keadaan kosong. Karena pemiliknya sudah pada pergi berangkat ke kebun untuk bekerja.

Warga dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Muara Enim yang selama ini ditandby di kantor Camat Semende Darat Laut telah berupaya memadamkan korbaran api. Namun mobil pemadam tersebut tidak mampu untuk memadamkan kobaran api yang membakar  rumah warga, karena kobaran api terus membesar.

Ditambah lagi kodisi cuaca kemarau sehingga angin cukup kencang. Warga juga sempat mengalami kesulitan air untuk memadamkan kobaran api. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB, setelah 3 unit mobil pemadan kebakaran milik Pemkab Muara Enim dan 2 unit mobil pemadam kebakaran milik PT BA Tbk serta 1 unit mobil tangki suplai air tiba di lokasi kebakaran. Akibat kebakaran tersebut, membuat jaringan listrik di desa menjadi padam.

Peristiwa kebakaran tersebut, mendapatkan perhatian khusus Wakil Bupati Muara Enim, H Juarsah SH yang langsung kelapangan bersama OPD terkait untuk melihat kejadian yang sebenarnya. Wabup juga menemui warga yang  rumahnya ludes terbakar. Wabup juga meminta OPD terkait supaya segara mengambil langkah-langkah untuk membantu korban kebakaran.

Camat Semende Darat Laut (SDL), Darius yang berhasil dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, jumlah seluruh rumah yang terbakar sebanyak 30 unit. Dari jumlah itu sebanyak 23 unit ludes terbakar, satu unit sebagian bangunan yang terbakar dan sisa 6 unit rumah mengalami kerusakan akibat dampak dari kebakaran tersebut.

Darius mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran maupun asal mula api. “Saat ini pihak Kepolisian dan dari Kecamatan tengah melakukan penyelidikan asal penyebab kebakaran maupun asal mula api dari mana,” jelasnya.

Rumah yang terbakar tersebut, kata dia, sebagian besar dalam keadaan kosong karena penghuninya telah pergi ke kebun. “Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun sebagian harta benda korban ikut terbakar,” terangnya.

Pihaknya saat ini masih melakukan pendataan pemilik rumah yang terbakar. Pihaknya juga saat ini tengah menyiapkan posko dapur umum untuk korban kebakaran.

Terpisah, Kepala BP3K Semende Darat Tengah, Fatahillah, mengatakan bahwa rumah yang terbakar mayoritas dalam keadaan kosong karena pemiliknya sudah sempat pergi ke kebun.

“Saat ini yang dibutuhkan warga sandang dan pangan. Kemudian saat ini warga korban kebakaran sebagian ada yang menumpang di rumah rumah keluarganya. Harta benda milik korban banyak yang tidak bisa terselamatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Alam, Yulius mengatakan, data yang diterimanya jumlah rumah yang ludes terbakar sebanyak 25 rumah. “Hingga sekarang kita belum mengetahui penyebab kebakaran, begitu juga asal api, karena masih dilakukan penyelidikan. Laporan sementara  jumlah rumah yang terbakar 25 unit,” jelasnya.

Dijelaskannya, satu unit mobil pemdam kebakaran bersama personil yang selama ini distandby-kan di Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), dibantu warga sudah berupaya memadamkan api. Namun karena kondisi cuaca kemarau, ditambah angin kecang membuat api terus membesar, sehingga satu unit mobil pemadam tersebut tidak mampu untuk memadamkan api.

“Api baru bisa dipadamkan secara total setelah  2 unit mobil pemadam kebakaran milik dari Muara Enim dan 2 unit dari PT BA ditambah 1 unit mobil tangki supley air tiba dilokasi kejadian. Karena lokasi kejadian tersebut sangat jauh sehingga memakan waktu yang cukup lama,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Muara Enim, Drs Ali Rahman, mengatakan pihaknya telah mengirimkan bantuan pangan dan sandang bagi korban kebakaran. Pihaknya juga membuat posko dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan para korban kebakaran.

“Bantuan yang kita siapkan berbentuk tanggap darurat dengan menyediakan bahan makanan seperti beras, lauk pauk, air besih dan kebutuhan lainnya,” jelasnya. Pihaknya juga akan membuat posko untuk menampung para korban kebakaran,”jelasnya.

Tokoh masyarakat Semende, Nurul Hudi, mengatakan kejadian kebakaran tersebut merupakan yang kesekian kalinya. Untuk itu dia mengharapkan kepada bupati dan Wakil Bupati supaya mengalokasikan anggaran untuk membuat tower penampungan air di setiap desa di Semende. Tujuannya jika terjadi kebakaran, tower penampungan air tersebut bisa dimanfaatkan dengan cepat untuk memadamkan api,” jelasnya.

Terlebih lagi, seperti musim kemarau saat ini sehingga warga kesulitan mendapatkan air untuk memadamkan api. Karena di kawasan Semende, jika musim kemarau sangat sulit untuk mendapatkan air. Sedangkan irigasi desa banyak yang tidak berfungsi sehingga tidak bisa menampung air. (ozi)

Empat Lawang

Kemenag Doa Bersama,Kesembuhan Menag

Published

on

Caption : Tampak suasana Dzikir dan Doa bersama kemenag Empat Lawang

REL,Empat Lawang – Menteri agama indonesia,positif terpapar wabah covid -19.

Maka dari itu Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Empat Lawang bersama jemaah menggelar dzikir dan doa bersama,dimusholah al madani kemenag Empat Lawang.Selasa (22/9).

Dzikir dan Doa bersama ini di tujukan untuk kesembuhan menteri agama yang terpapar wabah covid-19.

“Doa bersama untuk kesembuhan menteri agama dari covid yang dilanjutkan dengan membaca yasin dan dzikir,”Kata H Muhammad Makki S. Ag, M. Pd. I Kakankemenag Empat Lawang.Kamis (24/9).

Dzikir dan doa bersama langsung di kordninatori oleh Kasubag T.U H.M Syaifullah M.M dilanjutkan dengan pembacaan surah yasin dan dzikir serta dilanjutkan dengan doa bersama

Dengan harapan,digelarnya dzikir dan doa bersama ini ,bisa memberikan kekuatan ilahi untuk kesembuhan kepada menteri agama.

“Semoga beliau diberikan kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi semua ujian ini,dan beliau segera sembuh dari wabah covid-19,”Ucapnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Bung Ben Programkan 3M Untuk PWI

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption :Beni Syafrin berfose bersama ketua PWI Sumsel dan anggota.

REL,Empat Lawang – Ber-Visi misikan 3 M ,Beni Syafrin terpilih menjadi ketua definitif Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Empat Lawang.Rabu (23/9).

Beni Safrin terpilih dengan memenangi 7 suara berselisih satu suara,dengan total pemilih sebanyak 13 orang yang tergabung dari anggota PWI Kabupaten Empat Lawang

“Alhamdulilah terima kasih teman teman,kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama,”Lanjut Beni

Dengan,Mewujud Sumber Daya Manusia Yang Unggul, Profesional, Berkualitas dan Bermartabat. Mendukung Terwujudnya Empat Lawang MADANI,ia pun mempunyai program program unggulan yang di rangkum menjadi 3M

“Yang pertama, Memperkuat Sinergitas Dengan Pemerintah Empat Lawang untuk membangun Bergening Kuat Dengan Pihak Swasta,Meningkatkan Profesionalisme Seluruh Anggota PWI, Yang Berbasis Digitalisasi ,melalui Peningkatan Uji Kompetensi dan Penguatan bimtek terkait tata kerja Jurnalis, termasuk juga aturan dan perundang-undangan yang terupdate,”Sambung Bung Beni

Menciptakan perlindungan hukum bagi seluruh anggota PWI dan Peningkatan Kesejahteraan,membentuk koperasi PWI Empat Lawang,menciptakan usaha kreatif sebagai pendapatan PWI,membangun solidaritas antar seluruh anggota PWI melalui arisan keluarga , menyiapkan asuransi tenaga kerja gratis untuk seluruh anggota PWI dan PWI mempunyai kantor sendiri.

“Tentunya semua ini perlu kerjasama dan dorongan dari kita semua,mari kita bersama sama memajukan PWI Empat Lawang,”Ucap Bung Beni

Dengan harapan PWI Empat Lawang kedepannya dapat lebih konsisten dan profesional dalam bekerja untuk mewujudkan Empat Lawang MADANI.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Published

on

Foto : PADRI / REL Caption : Tampak Dandim 04-05 lahat tinjau lokasi pembukaan jalan

REL,Empat Lawang – Dandim. 04-05 Lahat melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 di tahun 2020.Selasa (22/9).

Dandim 04-05 lahat menaungi 3 wilayah yakni .kabupaten Empat Lawang,kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

Namun,pantauan dilapangan ,yang menjadi titik lokasi giat tersebut yakni di Kabupaten Empat Lawang tepatnya di Kecamatan Pendopo Desa Tanjung Raman.

Dandim 04-05 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien,SE.M.Si mengatakan ada 2 kegiatan dari TMMD yakni giat fisik dan non-fisik diantarannya pembukaan jalan kurang lebih 1,120 meter dengan lebar kurang lebih 5 meter dan gorong gorong sebanyak 10 unit.

“Sedangkan non-fisik mempunyai 8 program diantaranya,yang pertama penyuluhan kesadaran bela negara,penyuluhan tentang hukum,penyuluhan tentang bahaya narkoba,penyuluhan tentang pertanian,penyuluhan tentang wawasan kebangsaan,penyuluhan tentang kesehatan,penyuluhan tentang pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),”Lanjut Syahwab

Sasaran yang dicapai,membantu mempercepat pembangunan di daerah memperlancar perhubungan/transfortasi darat,membantu tingkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,tanamkan kesadaran bela negara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Jadi capaian yang di inginkan ada 5 point tersebut di kegiatan TMMD ke 109 ditahun 2020,”Jelasnya.

Terpisah Shanti warga Tanjung Raman merasa senang dengan adannya TMMD di Desanya,karena menurutnya dengan adanya pembukaan jalan ini bisa memperlancar aktivitas warga sehari hari.

“Senang,semoga kedepannya lebih maju lagi dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,”Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending