oleh

284 Balita Terserang ISPA

REL, Empat Lawang – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang Sulni, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Junaidi mengungkapkan terdata sebanyak 421 warga terkena Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). 284 diantaranya anak usia bawah 5 tahun, 137 lainnya usia diatas lima tahun.

Untuk itu Junaidi mengimbau, agar masyarakat khususnya anak-anak untuk menghindari beraktivitas di luar rumah. Mengingat cuaca sedang tidak baik, bahkan kini kembali banyak kabut asap yang bisa menyebabkan terkena ISPA.

“Masyarakat jangan dulu banyak keluar rumah untuk saat ini. Kalaupun harus keluar rumah, usahakan memakai masker agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan khususnya ISPA,” imbau Junaidi.

Apalagi, saat ini kabut asap kembali tebal di beberapa wilayah di Kabupaten Empat Lawang, khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi. Bahkan sejak Minggu (13/10), kabut asap semakin tebal dan mulai berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

“Entah asap dari mana kami kurang tahu, yang pasti sejak dua hari ini kabut asap kembali tebal,” kata Herman, salah seorang warga Tebing Tinggi.

Sejak kabut asap kembali banyak, warga banyak yang terkena flu dan batuk serta demam, akibat menghirup udara yang buruk akibat kabut asap.

“Termasuk saya sekarang ini terkena flu dan demam, sangat bahaya sekali kalau terus menerus kabut seperti ini,” tegasnya.

Pani warga lain juga membenarkan, kebakaran hutan di Kecamatan Tebing Tinggi dan sekitarnya masih sering terjadi, sementara sampai saat ini hujan belum turun dengan intensitas yang lebat.

“Wajar kalau ada kabut asap lagi,” tambahnya. (mg20)

BACA JUGA