Connect with us

Empat Lawang

26 Desa Tak Lama Lagi Menikmati Air Bersih

Published

on

TANDA TANGAN : Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wisnu Wasdana menandatangai Perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan fasilitas Pamsimas diaula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kamis (5/7).

*  19 Desa Bantuan APBN dan 7 Desa Bantuan APBD

 

REL, Empat Lawang – Sebanyak 26 desa di 6 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang, mendapat bantuan pembangunan fasilitas penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2018.

Penandatanganan Perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan fasilitas Pamsimas antara 26 desa tersebut dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Empat Lawang, telah dilakukan di aula Kantor Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Kamis (5/7).

26 desa tersebut rinciannya, 19 desa akan dibantu melalui APBN, 5 desa baru penerima yang akan mendapatkan bantuan dari APBD dan 2 desa yang pernah mendapatkan pembangunan serupa (desa pasca) yang akan mendapatkan bantuan dari APBD.

Konsultan Distrik Koordinator Pamsimas Kabupaten Empat Lawang, Soemarsono mengatakan, penandatanganan perjanjian ini merupakan tindak lanjut dari hasil perencanaan yang sudah selesai dilakukan beberapa bulan lalu. Tertundanya penandatangan kerja sama ini, karena tertundanya daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) yang belum terbit dan baru terbit pada Jum’at lalu.

“Karena DIPA-nya sudah terbit, artinya segala persyaratan sudah terpenuhi dan siap keproses ketahap berikutnya yaitu penandatangan perjanjian kerjasama atau kontrak,” jelas Soemarsono.

Penandatangan perjanjian atau kontrak, kata dia, merupakan simbol bahwa desa tersebut sudah siap menjalankan semua kegiatan, walaupun belum ada pengajuan bantuan dana, namun desa sebut dia, sudah memiliki sumber dana lain seperti bantuan masyarakat yang berbentuk incash yang dapat digunakan dalam bentuk pelatihan, sembari menunggu pemgajuan termin dana dari pemerintah.

“Incash merupakan kontribusi masyaraka berupa uang tunai, nilainya 4 persen dari pagu dana bantuan. Incash sebagai bukti bahwa masyarakat butuh dengan pembangunan Pamsimas dan simbol bahwa nantinya masyarakat merasa memiliki pada bangunan yang akan dibangun itu,” urainya.

Dijelaskannya, untuk dapat melakukan penarikan dana bantuan pembangunan Pamsimas, desa penerima harus memenuhi Incash terlebih dahulu yang jumlahnya telah dirincikan. “Jumlah Incash yang harus disediakan berbeda-beda sesuai pagu bantuan bagi desa itu masing-masing,” imbuhnya

Setiap desa lanjut Soemarsono, pada dasarnya berhak mendapatkan bantuan kegiatan Pamsimas, namun harus memenuhi persyaratan antaralain rawan air minum. “Kalau tidak rawan takutnya fasilitas yang sudah dibangun justru terbengkalai tidaj digunakan. Sementara ada beberapa desa yang belum kebagian,” ujarnya.

Selanjutnya, desa pengaju bantuan kegiatan Pamsimas, juga harus membuat surat minat yang isinya salah satunya siap menyedikan Incash, menyedikan bantuan kontribusi masyarakat berbentuk tenaga dan material dan penyertaan anggaran dari APBDes 10 persen. “Kalau persyaratan itu sudah ada, nanti ada fasilitator yang siap memfasilitasi desa. Dan yang paling perlu, desa harus membuat proposal,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pamsismas M Mauludin mengatakan, setelah menungu dan melalui proses yang begitu panjang akhisrnya Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) telah terbit untuk itulah para sengaja diundang koordinator kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dari 26 Desa dari dalam rangka penandatanganan PKS antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

“Dengan kata lain setelah ditandatangani PKS ini artinya pelaksanaan dari Rencana Kerja Masyarakat (RKM) ataupun pelaksanaan kegiatan pamsismas di desa segera dilakukan,” kata Mauludin.

Masih kata Mauludin, Perjanjian kerja sama ini berlaku selama 120 hari terhitung semenjak ditandatangani PKS ini. “Kami himbau yang terlibat dalam seluruh kegiatan Pamsismas agar kerjasama dengan semua pihak agar dapat tercapai seluruh kegiatan dalam RKM,” imbaunya. (12).

Empat Lawang

Meraih Prestasi Dalam Kegiatan PKK Tingkat Provinsi

Published

on

FOTO : RATI/REL LIHAT : Berfose TP PKK Kabupaten Empat Lawang

REL, Empat Lawang – Sumatra Selatan memiliki kekayaan rempah yang luar biasa. Seperti, lada, jintan, daun sirih, kunyit, jahe, dan pinang. Oleh karena itulah, Ketua TP-PKK Sumsel, Feby Deru, ingin mengenalkan kekayaan rempah Sumsel kepada masyarakat terlebih kepada generasi milenial melalui gelaran Festival Rempah.

Kekayaan tanaman rempah di Sumatera Selatan (Sumsel) kembali diangkat melalui ajang Festival Rempah Sumsel 2020. Tidak kalah dengan kabupaten lainnya, Kabupaten Empat Lawang juga memiliki Rempah unggulan yaitu buah pala.

Festival Rempah Sumsel 2020 yang berlangsung pada 24-25 Oktober 2020, bertempat di Halaman Parkir Griya Agung dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, kegiatan ini juga terbuka untuk umum. Peserta Festival Rempah tak hanya diikuti TP-PKK kabupaten/kota se-Sumsel saja, namun juga diikuti oleh organisasi wanita se-Sumsel serta sejumlah komunitas.

Dalam festival rempah sumsel 2020, TP-PKK Kabupaten Empat Lawang torehkan prestasi-prestasi, diantaranya meriah juara 1 dalam kategori stand terbaik kategori PKK, juara 2 lomba hatinya PKK tingkat provinsi sumatera selatan, juara 2 kategori Minyak urut aroma, dan juara 3 harapan kategori 10 program pokok PKK tingkat provinsi sumatera selatan.

“Pencapaian ini tidak mampu di dapat jika tidak ada kekompakan tim dan kerja keras yang luar biasa, Alhamdulillah prestasi demi prestasi dapat diraih oleh TP PKK Kabupaten Empat Lawang ditingkat Provinsi,” ungkap Hepy Safriani Joncik Selaku ketua PKK Kabupaten Empat Lawang, Minggu (25/10).

Lanjut Hepy Safriani Joncik, pencapaian ini jangan membuat kita menjadi merasa puas, namun pencapaian ini harus lebih diasa kembali sehingga semakin banyak prestasi-prestasi yang dapat diraih oleh TP PKK Kabupaten Empat Lawang untuk kegiatan-kegiatan TP PKK selanjutnya.

“Semoga prestasi ini tidak membuat kita merasa puas dan merasa tinggi hati, tapi sebaliknya prestasi ini akan kita jadikan pemicu untuk selalu berbuat yang terbaik untuk TP PKK Kabupaten Empat Lawang dan masyarakat Kabupaten Empat Lawang,” Harap Hepy Safriani, (Mg24).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Kunker DPR RI,Bupati Usulkan Beberapa Pembangunan

Published

on

Caption : Audiensi Komisi V DPR RI bersama Bupati Empat Lawang dirumah dinas.

REL,Empat Lawang – Bertempat di rumah dinas bupati Empat Lawang,kunjungan kerja (Kunker ) anggota Komisi V DPR RI Hanna Gayatri,SH dari Fraksi Partai Amanat Nasional beserta rombongan disambut langsung oleh bupati Empat Lawang,sabtu siang Kemarin (24/10)

Dalam audiensi terbuka itu tidak luput juga turut dihadiri ,Staf Khusus Bupati,Kadis Perumahan dan Pemukiman,Kadis Lingkungan Hidup Daerah,Kadis Perhubungan,Kadis Kominfo,Kepala Bappeda dan Kabid PU Cipta karya serta stegholder lainnya.

Pertemuan kurang lebih tiga jam ini yang membahas beberapa agenda besar dibidang pembangunan dikabupaten empat Lawang kedepan termasuk dalam pembahasan,
diantaranya kelanjutan pembangunan Jembatan Penghubung antara kecamatan Ulu Musi – Pasemah Air Keruh dan beberapa pembangunan jembatan lainnya.

Selain itu, pemerintah kabupaten Empat Lawang juga menyampaikan dan menyerahkan beberapa usulan pembangunan baik dibidang lingkungan hidup,transportasi hingga penataan pemukiman kumuh.

Pelebaran jalan Nasional mulai dari Gerbang perbatasan Empat Lawang – Lahat hingga ke pusat kota Tebing Tinggi juga menjadi salah satu usulan prioritas Pemerintah kabupaten Empat Lawang,dengan perencanaan pembangunannya pada tahun anggaran 2022 nanti.

Bupati Empat Lawang H.Joncik Muhammad mengapresiasi dan berterima kasih kepada Hanna Gayatri yang telah banyak membantu pembangunan yang ada di kabupaten Empat Lawang selama ini.

” Ayunda Hanna Gayatri ini sangat konsen dan memiliki perhatian penuh terhadap pembangunan diempat lawang,bahkan hampir semua usulan yang kita sampaikan sebagian besar telah terealisasi dan beliau ini sangat luar biasa dalam memperjuangkan pembangunan dikabupaten empat lawang melalui anggaran pusat,”Ucapnya.

Sementara Hanna Gayatri mengatakan,apa pun itu untuk masa depan Empat Lawang,ia akan berupaya se optimal mungkin memperjuangkan baik usulan berupa fisik maupun anggaran pusat buat pembangunan yang ada di kabupaten ini.

“Ibu saya dilahirkan di tebing tinggi ini,untuk itu empat lawang merupakan sejarah bagi saya dan akan saya perjuangkan masa depan empat lawang salah satunya ya dengan pembangunan” ungkapnya bersemangat.

Ia juga memberikan contoh apa yang telah ia lakukan untuk empat lawang,diantaranya pembangunan jembatan penghubung kecamatan Ulu Musi – Paiker yang saat ini dalam proses pengerjaan dan juga pembangunan lainnya.Tuturnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Empat Lawang

Peduli Sesama ,Katua PCPM Paiker Berikan Bantuan Kepada Korban kebakaran

Published

on

Caption : Ketua PCPM Memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Kabupaten Lahat

REL,Empat Lawang – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) dan pemuda/i serta camat Pasemah Air Keruh memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Kabupaten Lahat tepatnya di Pasar Bawah yang terjadi pada hari Minggu Sore (4/10/2020) kemarin sekitar Pukul 15.10 WIB.

Insiden kebakaran itu setidaknya menghanguskan 81 Unit Rumah warga kawasan pasar bawah

Dengan kejadian itu mengetuk hati PCPM dan Pemuda – Pemudi di kecamatan Paiker untuk melakukan penggalang dana.

Ketua PCPM Paiker Juli Agustoni mengatakan bantuan kepada korban kebakaran di Kabupaten Lahat berupa uang tunai dan bahan pokok serta pakaian

“Bantuan dengan uang tunai sebesar 7 juta bahan pokok berupa beras sebanyak 400kg dan pakaian baju untuk anak akan dan dewasa,”Ucapnya.

Penyerahan bantuan lanjutnya langsung diserahkan kepada korban yang tertimpah musibah yang langsung diserahkan oleh camat dan pemuda pemudi peduli paiker.

“Camat dan istri beserta pihak puskesmas paiker dan pemuda/i yang langsung menyerahkan bantuan,”Tukasnya.(Mg20).

Baca Selengkapnya

Trending