oleh

2020, Tercatat 18 Bencana Musibah Kebakaran

REL, Empat Lawang – Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati merupakan kabupaten yang cukup rawan terjadi musibah kebakaran pemukiman masyarakat. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang pada tahun 2020 lalu ada 18 musibah kebakaran yang menghanguskan rumah masyarakat.

“Kita melakukan rekap jumlah kebakaran itu persemester, jadi untuk tahun 2021 kita belum ada rilis, Namun untuk data tahun 2020 yaitu 18 kebakaran, habis 28 unit rumah, rusak 19 unit, rusak ringan 14 unit, 78 KK, 295 jiwa,”ungkap Kepala BPBD Syahrial Podril melalui Sobri Kabid Damkar saat di konfirmasi, Senin (24/5).

Dikatakannya, yang menjadi penyebab kebakaran yaitu korsleting listrik dan juga struktur rumah  yang masih terbuat dari kayu  sehingga mudah terbakar pada saat musim kemarau.

“Rawan kebakaran pemukiman rumah pribadi, kalau di dusun rumah – rumah lama seperti rumah panggung, penyebab paling banyak korsleting listrik, meskipun sebenarnya bukan semata salah PLN nya tapi kondisi instalasi yang masih semerawut dan kurangnya pengecekan secara berkala,”jelasnya.

Ia juga menjelaskan kecamatan yang sampai saat ini masih rawan terjadi kebakaran diantaranya Kecamatan Pendopo, Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang Kanan. “Dengan banyaknya kejadian kebakaran baik rumah atau lahan, saat ini kami terkendala armada pemadam yang masih kurang, dan juga sarana prasarana juga belum memadai,”tuturnya.

Komentar

BACA JUGA