oleh

2019 Kecil Kemungkinan Kembali Seleksi CPNS

REL, Empat Lawang – Kebutuhan akan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di masing masing daerah masih cukup banyak kekurangan. Terlebih para PNS yang membidangi kategori pendidikan seperti guru, maupun tenaga terampil kategori bidang umum lainnya.

Tidak terkecuali juga di Kabupaten Empat Lawang ini yang memiliki banyak quota penerimaan pada seleksi CPNS tahun 2018 kemarin. Namun tidak sepenuhnya quota terisi karena peserta tak banyak yang dinyatakan lulus melalui standar pasing grade ditentukan oleh Panselnas.

Harapan akan dibuka nya kembali dibukanya perekrutan bagi seleksi CPNS di tahun 2019 ini tentu saja sangat dinantikan lagi masyarakat. Akan tetapi pasca perekrutan tahun belakang kemungkinan besar di tahun ini perekrutran CPNS di jalur umum tidak akan ada.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Pemerintah dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang Soleha Afriani melaluiĀ Kasubit Pengadangan dan Pemberhentian Aparatur R. Hendrawan Rizqi Saputra ketika dibincangi REL dalam ruang kerjanya. Selasa, (9/4).

“Untuk kabupaten kita di tahun 2019 ini masih belum dapat dipastikan. Dikarenakan untuk kembali membuka perekrutan seleksi CPNS itu berdasarkan surat dari kemenpan,” ungkapnya.

Dikatakan Hendra, memang kemungkinan pada tahun 2019 ini Kemenpan Republik Indonesia ada membuka seleksi penerimaan CPNS di daerah daerah. Itu bukan berarti Kabupaten Empat Lawang akan kebagian kembali membuka penerimaan.

“Iya mungkin saja akan ada penerimaan CPNS tahun 2019 dengan alokasi hingga mencapai seratus ribuan lebih bahkan. Tetapi untuk daerah yang menunda pelaksanaan pada tahun 2018 lalu dan di tahun ini baru dilaksanakan,” katanya.

Lelaki yang memiliki nama lengkap R. Hendrawan Rizki Saputra ini menjelaskan bahwa untuk membuka seleksi penerimaan CPNS itu tidaklah mudah, yang pertama dilihat dari kebutuhan daerah tersebut sesuai dengan pengajuan akan kebutuhan dari daerahnya yang nantinya barulah ditentukan oleh pihak kementrian jumlah quota melalui panitia seleksi nasional (panselnas).

“Biasanya ya, penerimaan seleksi CPNS itu salah satunya yakni adanya daerah yang acapkali terkena musibah seperti bencana alam. Yang seperti ini biasanya membutuhkan dan memiliki peluang lebih akan membuka penerimaan CPNS tersebut,” katanya.

Kabupaten Empat Lawang sendiri, sambung Hendrawan, tahun 2018 sudah membuka penerimaan seleksi CPNS, kemudian juga ada penerimaan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) melalui seleksi yang belum lama ini berlangsung dan sedang menanti pengumuman nya saja.

“Nah, kalau P3K tahap umum tahapan ke 2 ini kita masih menunggu dari keputusan atas hasil daftar nama yang dinyatakan lulus oleh Kemenpan Republik Indonesia hingga sampai saat ini,” jelas Hendrawan.

Dirinya melanjutkan kembali, untuk para peserta yang telah mengikuti tes atau seleksi P3K beberapa pekan kemarin untuk bersabar menantikan hasil pengumuman dafratr nama yang dinyatakan lulus tes tersebut.

“Persyaratan mendaftarkan diri baik seleksi CPNS maupun P3K itu sama saja dengan sebelumnya. Dan untuk quota penerimaan P3KĀ  berjumlah 254 quota, sementara 44 quota sudah ada daftar namanya di Kemenpan melalui Panselnas dan tinggal menanti di umumkan saja,” pungkasnya. (14).

BACA JUGA