oleh

15 Tahun Mengajar, Henderi Berharap Ada Pengangkatan PNS

15 Tahun Mengajar, Henderi Berharap Ada Pengangkatan PNS

REL, Empat Lawang – Guru adalah salah satu profesi paling mulia, dari ajaran gurulah banyak mencetak generasi yang sukses. Namun tak bisa dipungkiri justru nasib guru jugalah yang paling memprihatinkan. Banyak guru di Indonesia, yang dalam hal ini ialah Kabupaten Empat Lawang, masih belum merasa sejahtera dikarenakan penghasilan guru honorer yang sangat minim.

Semua guru honorer di Empat Lawang tentu mengharapkan untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena dengan PNS dianggap bisa menjadi profesi yang menjanjikan.

Salah satu guru honorer di Empat Lawang, Hendri Susanto (39 tahun) yang sudah 15 tahun mengabdi di Kabupaten Empat Lawang sangat berharap diangkat menjadi PNS.

Untuk mencari nafkah tambahan menghidupi keluarga, Henderi nyambi menjadi penjaga malam di salah satu perkantoran Pemkab Empat Lawang.

Saat ini, Henderi bersama istri dan dua orang anak laki-lakinya yang masih kecil tinggal di rumah sederhana di Talang Banyu Kelurahan Tanjung Kupang Kecamata Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Saat dijumpai wartawan, Selasa (24/11) Henderi sedang bersiap hendak ke kantor untuk jaga malam.

“Sebentar lagi mau berangkat untuk jaga malam,” kata Henderi.

Henderi menceritakan, ia menjadi guru honorer sudah 15 tahun di Sekolah Dasar (SD) yang berbeda-beda.

Berbekal ijazah SMA, SD pertama tempatnya mengajar yakni di SD N 25 Talang Merli selama satu tahun. Kemudian pada 2007-2011, ia pindah mengajar ke SD N 20 di Desa Lawang Agung.

Selama mengajar banyak sekali kisah perjuangan Henderi dalam rangka memberikan ilmu kepada anak didiknya. Pergi mengajar dengan menggunakan getek (perahu kecil, red) yang jarak tempuhnya sekitar satu jam dan kalau hujan jalannya berlumpur.

“Kadang kalau sudah ketinggalan getek jadi lewat jalan darat,” tuturnya.

Saat ini Hendri mengajar di SD N 8 Tanjung Beringin. Sambil berkuliah di Universitas Terbuka (UT) di Kikim Timur Bunga Mas, Lahat.

Saat ini Hendri bercerita ia sudah bergabung di sebuah forum khusus untuk guru honorer, yang mana di dalam forum itu, Henderi beserta guru honorer lainnya dapat menyuarakan aspirasinya supaya bisa diangkat menjadi PNS.

“Harapannya ingin diangkat menjadi PNS agar nasib guru masa depannya lebih terjamin,” harap Henderi. (Mg15)

BACA JUGA