oleh

12 ABK Terdaftar di SLB

12 ABK Terdaftar di SLB

REL, Empat Lawang – Sebanyak 12 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sudah terdaftar di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di jalan Poros Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Nana Suryadin selaku Kepala SLB mengatakan SK SLB baru berjalan satu bulan. Ia melakukan sosialisasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang guna untuk mendata ABK yang ada di Empat Lawang.

“Kita sudah sosialisasi ke Disdik dan alhamdulillah direspon baik oleh Kabid SD. Jadi sekarang terdata ada 12 ABK tingkat SD yang daftar ke SLB,” kata Nana kepada Rakyat Empat Lawang, Senin (16/11).

Nana menjelaskan ada empat kategori ABK yang ada di SLB yakni kategori A, B, C, D. A terdiri dari ABK Tunanetra, B terdiri dari ABK Tunarungu, C terdiri dari ABK Tunagrahita, D terdiri dari ABK Tunadaksa.

“Pendataan atau penerimaan untuk ABK yang ingin masuk SLB kita tunggu sampai tahun ajaran baru,” ucapnya.

Saat ini SLB belum dibuka, hanya sebatas pendaataan saja. SLB akan beroperasi pada saat tahun ajaran baru.

Untuk sementara, lanjut Nana, bagi yang ingin mendaftar cukup dengan melampirkan KK saja. Kalau sekolah sudah mulai berjalan, akan ada tes Tunarungu ke THT, Tunanetra ada tes ke Dokter Mata, Tunagrahita tes ke Psikiater, dan untuk Tunadaksa bisa dilihat secara kasat mata seperti cacat fisik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Kabid SD, Yulian Septa Pratama mengatakan SLB memang di bawah naungan provinsi namun Disdikbud Empat Lawang siap membantu sebisanya.

“Ya, kita siap bantu sebisanya,” kata Yulian saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Ditambahkan oleh Yulian, mulai tahun depan, SLB sudah mulai beroperasi. Hari masuk mulai hari Senin sampai dengan Jumat.

“Kelas 1,2, 3 jam setengah 8 sampai jam 10. Kelas besar setengah 8 sampai jam 12,” ujar Yulian. (Mg15)

BACA JUGA