oleh

10 Agustus Dijadwalkan Rapat Pleno

REL, Empat Lawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang menggelar rapat terbatas dengan pihak terkait terkiat persiapan rapat pleno penetapan Calon Legislatif (Caleg) yang direncanakan di gedung DPRD Empat Lawang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Empat Lawang Ali Amin melalui Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara Abu Yamin, Selasa (06/08/2019) setelah koordinasi persiapan rapat pleno terbuka penetapan kursi parpol dan penetepan calon terpilih anggota DPRD Empat Lawang hasil pemilu 2019 dikantor KPU Empat Lawang.

“Tadi kita sudah melaksanakan rapat bersama Bawaslu, pihak keamanan dari kepolisian dan perwakilan Dandim. Rencana penetapan caleg terpilih Kabupaten Empat Lawang 10 Agustus 2019,” ungkap Abu Yamin.Selasa (6/8/19).

Saat ini kata Abu Yamin, pihaknya masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan pemilu kemarin. Pembacaan keputusan MK sendiri akan dilaksanakan 07 Agustus 2019 pukul 08.00 Wib.

“Gugatan caleg Kabupaten Empat Lawang ada dua yakni dari Dapil I dan Dapil III,” katanya.

Pihaknya pun, lanjut Abu Yamin, telah berkerjasama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk keamanan saat penetapan caleg terpilih nantinya. “Kita berharap penetapan nantinya aman dan kondusif,” harapnya.

Ditempat sama, Kapolres Empat Lawang AKBP Eko Yudi Kartanyo melalui Kasat Intelkam Iptu Raharjo mengatakan, Polres Empat Lawang sudah 80 persen melaksanaan keamanan. “Pada prinsipnya Polri yang paling bertanggung jawab dalam pelaksanaan Pemilu 20196,” ujarnya.

“Dalam pengamanan kita selalu berprediksi yang terjelek dulu untuk antisipasi,” tegasnya, seraya menambahkan, saran dari Kapolres kepada pihak terkait agar dalam penetapan nanti disampaikan kepada pihak yang terpilih bisa menjaga diri, tidak ada gesekan dengan pihak yang tidak menang. Dimana setiap pemilihan di Empat Lawang yang selalu diwarnai gejolak yang tidak baik.

Sementara itu, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi melalui Pasi Intel Kapten Chb Purwadi mengatakan, bahwa pihak TNI dalam kegiatan nanti akan mem-back up pihak kepolisian, dan selalu akan berkoordinasi dengan pihak Polres.

“Disamping itu kami minta rencana kegiatan pleno nanti sehingga kami bisa deteksi dan cegah dini terhadap situasi dan kondisi Empat Lawang,” ujarnya. (12).

BACA JUGA